Sah! Juda Agung & Aida Budiman Resmi Jabat Deputi Gubernur BI

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
06 January 2022 11:10
Juda Agung dan Aida S.Budiman dilantik sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia pada Kamis, 6 Januari 2022.

Jakarta, CNBC Indonesia - Juda Agung dan Aida S.Budiman dilantik sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia pada Kamis, 6 Januari 2022.

Keduanya akan menggantikan Deputi Gubernur Bank Indonesia yang menjabat sebelumnya, Sugeng dan Rosmaya Hadi yang telah menyelesaikan jabatannya terhitung sejak 6 Januari 2022.

Pengangkatan Juda Agung dan Aida S. Budiman berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 147/P/2021 24 Desember 2021.


"Berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 147/P/2021 tanggal 24 Desember 2021, Saudara Juda Agung, SaudariĀ Aida S. Budiman telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia," kata Ketua Mahkamah Agung RI, Muhammad Syarifuddin, dalam Upacara Pengucapan Sumpah Jabatan Juda Agung & Aida S. Budiman sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia, Kamis (6/1/2022) yang disiarkan di Youtube Bank Indonesia.

Hal ini diikuti pembacaan sumpah jabatan oleh Juda Agung dan Aida S. Budiman.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, untuk menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberikan sesuatu kepada siapapun juga," kata Aida dan Juda Agung.

"Saya bersumpah, bahwa saya dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga sesuatu janji atau pemberian dalam bentuk apapun."

"Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas Deputi Gubernur Bank Indonesia dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab," ungkap keduanya.

Sebagai informasi, sebelum menjabat sebagai Deputi Gubernur BI, Juda Agung pernah menjabat beberapa posisi strategis seperti Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial sejak tahun 2019.

Pria kelahiran Pontianak 1964 ini mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1991. Juda pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (2014-2017), Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat (2017), dan Pegawai Penugasan Setingkat Direktur Eksekutif Departemen Sumber Daya Manusia (2017-2019).

Juda menempuh pendidikan di bidang Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor pada tahun 1987. Juda melanjutkan pendidikan di University of Birmingham dan mendapatkan gelar Master di bidang Commercial dan Social Science pada tahun 1995. Juda juga melanjutkan pendidikan di University of Birmingham dan mendapatkan gelar PhD di bidang Economics pada tahun 1999.

Sementara itu, Aida S. Budiman lahir di Bogor pada tahun 1965. Setelah menempuh pendidikan di bidang Agribisnis Institut Pertanian Bogor pada tahun 1987, Aida melanjutkan pendidikan di Southern California University dan mendapatkan gelar Master di bidang Economics pada tahun 1996. Aida juga melanjutkan pendidikan di Claremont University dan mendapat gelar Phd di bidang Ekonomi pada tahun 2002.

Aida mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1991. Sebelum dilantik menjadi Deputi Gubernur BI, menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter sejak tahun 2018. Aida pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Internasional (2014 - 2017).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Segenap Alasan BI Tahan Lagi Suku Bunga Acuan di Level 3,5%


(sys/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading