Baru 2 Hari Melantai, Boy Thohir Udah Cuan Rp 232 M dari ADMR

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
04 January 2022 14:44
Pengusaha Boy Thohir saat memberi tanggapan kepada tim CNBC Indonesia di Kantor Adaro, Jakarta, Selasa (24/4) Boy Thohir merupakan putra dari salah satu pemilik Astra International Teddy Tohir. Dia juga seorang pengusaha yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis. Dia menyelesaikan pendidikan MBA-nya di Northrop University Amerika Serikat. Boy Thohir dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses membawa Adaro Energy sebagai perusahaan batu bara terbesar di Indonesia.  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha dari PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR), telah melantai di bursa dan mulai diperjualbelikan oleh publik sejak hari pertama perdagangan tahun ini. Setelah ditutup menyentuh batas auto rejection atas (ARA) 35% pada debut perdagangan, saham ADMR kembali ARA ke level Rp 182/ saham pada penutupan sesi I perdagangan hari ini, Selasa (4/1/2022).

Dengan lonjakan tinggi tersebut, saham ADMR juga menempati posisi top gainers alias saham dengan kenaikan terbesar hingga paruh pertama perdagangan hari ini.

Permintaan kuat dari investor membuat saham milik salah satu taipan terkaya di Indonesia ini telah melonjak 82% dari harga penawaran awal.


Sebelumnya, berdasarkan prospektus penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) yang dirilis, jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 6.048.580.000 dengan harga Rp 100/saham, setara dengan 15% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan dana senilai Rp 604,85 miliar.

Adapun pemilik manfaat perseroan (ultimate beneficial owner) dari ADMR adalah Christian Ariano Rachmat, Crescento Hermawan, Garibaldi Thohir dan Michael W. P. Soeryadjaya yang masing-masing menjabat sebagai anggota direksi PT Adaro Strategic Investments.

Meroketnya harga ADMR tentu memberikan keuntungan finansial bagi pemilik saham, lalu berapa cuan Garibaldi 'Boy' Thohir dari investasi di anak usaha Adaro ini?

Struktur Pemegang Saham Adaro MineralsFoto: e-IPO
Struktur Pemegang Saham Adaro Minerals

Berdasarkan prospektus yang terbit, Adaro Energy (ADRO) tercatat secara tidak langsung memiliki 99,99% saham dari Adaro Minerals sebelum IPO, dengan kepemilikan langsung sebesar 81,76% dan sisanya secara tidak langsung lewat kepemilikan di PT Alam Tri Abadi dan PT Adaro Mining Technologies.

Sementara itu secara total, kepemilikan saham Boy Thohir di ADMR sebelum IPO mencapai 8,25%, yang terbagi dari kepemilikan langsung 6,18% di Adaro Energy, kepemilikan 0,66% PT Trinugraha Thohir - Boy Thohir menguasai 23,33% - di ADRO, serta kepemilikan total 1,92% tidak langsung lain saham ADMR melalui PT Adaro Strategic Capital.

Total kepemilikan 8,25% sebelum IPO - angka ini terdilusi setelah penawaran - setara dengan 2.827.708.125 saham. Artinya dari kepemilikan tersebut, Boy Thohir berhasil memperoleh cuan Rp 231,87 miliar dalam dua hari.

Kinerja cemerlang saham ADMR tentu akan mengerek kekayaan bersih Boy Thohir yang akhir tahun lalu ditaksir mencapai US$ 2,6 miliar atau setara dengan Rp 37,31 triliun (kurs Rp 14.350/US$).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Satu Lagi Perusahaan Boy Thohir IPO, Ini Harganya


(fsd/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading