Bunga Tinggi! Warning untuk Anak Muda, Harga Rumah Bakal Naik

Market - Feri Sandria, CNBC Indonesia
20 December 2021 10:40
cover topik/Apartemen Hantu Bertebaran di Jakarta_cover/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga properti diperkirakan akan tetap meningkat tahun depan, survei Reuters dari jejak pendapat para ahli menyebutkan prospek akan keterjangkauan properti sebagian besar negatif.

Kenaikan harga rumah tanpa henti memang diperkirakan akan mereda, tetapi tidak berhenti di sebagian besar pasar properti utama tahun depan. Para ahli yang disurvei menyebutkan keterjangkauan akan semakin buruk, salah satunya akibat kenaikan suku bunga yang lebih tinggi.

Dalam bisnis real estat, pandangan konvensional mengatakan bahwa kenaikan suku bunga membuat pembelian atau penjualan rumah menjadi lebih sulit, dan sebaliknya.


Hampir tiga perempat responden yang disurvei - 74 dari 103 - yang mencakup delapan pasar utama dunia, mengatakan mereka memperkirakan harga perumahan akan lebih mahal, dan lebih tidak terjangkau bagi banyak orang, selama dua hingga tiga tahun mendatang.

Orang-orang yang sudah berjuang untuk mengumpulkan uang muka diperkirakan masih kesusahan mengamankan rumah pertama mereka karena para pemilik rumah dengan dana lebih banyak yang disimpan selama pandemi akan dengan mudah mengalahkan calon pembeli pertama.

"Risiko terbesar benar-benar bagi generasi muda yang tidak akan dapat mengumpulkan simpanan yang diperlukan. Ya, [para keluarga] telah menabung secara signifikan selama pandemi, tetapi bagi mereka yang tidak memiliki ekuitas dalam jumlah yang signifikan, harga telah ... bergerak maju di depan mereka," kata Liam Bailey, kepala penelitian global di Knight Frank.

Rekor suku bunga rendah selama bertahun-tahun dan kurangnya rumah terjangkau telah mendorong harga rumah di sebagian besar pasar properti utama ke tingkat yang fantastis sebelum pandemi.

Kenaikan harga itu diperburuk ketika sebagian besar orang dalam angkatan kerja yang kaya yang telah memiliki rumah dan dapat bekerja dari jarak jauh selama lockdown terkait pandemi mulai mencari lebih banyak alternatif tempat tinggal, sering kali di luar kota.

Prospek dan Kendala Pasar Properti Global
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading