Sudah Cukup Derita Ini! Harga Sawit Siap 'Terbang' Lagi

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
16 December 2021 11:09
Pekerja mengangkut kelapa sawit kedalam jip di Perkebunan sawit di kawasan Candali Bogor, Jawa Barat, Senin (13/9/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) anjlok pada perdagangan jelang siang hari ini. Ke depan, bagaimanakah prospek harga CPO?

Pada Kamis (16/12/2021) pukul 10:53 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.347/ton. Ambles 3,1% dari hari sebelumnya.

Koreksi ini membuat tren penurunan harga CPO semakin parah. Dalam sebulan terakhir, harga komoditas ini ambrol 11,27%.


Sayangnya, tren koreksi ini mungkin belum berakhir dalam waktu dekat. Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga CPO akan stabil di sekitar titik support MYR 4.298/ton.

Namun setelah menyentuh titik itu, Wang menilai ada harapan harga CPO bisa bangkit. Saat ini harga CPO memang masih berada dalam gelombang yang membawanya hingga ke MYR 4.327/ton.

"Dengan support terjauh di MYR 4.312/ton, harga tidak akan jatuh lebih dalam lagi. Risiko untuk tergelincir ke MYR 4.237/ton sepertinya tidak besar," sebut Wang dalam risetnya.

cpoSumber: Reuters

Wang memperkirakan tren koreksi harga CPO sudah hampir selesai. Dalam satu atau dua pekan ke depan, harga CPO berpeluang 'terbang' hingga ke MYR 4.773/ton.

"Downtrend sepertinya sudah hampir selesai. Gelombang C sudah hampir selesai 100%," ujar Wang.

cpoSumber: Reuters

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Harga Sawit Mau Terjun Bebas! Sudah Siap Parasut?


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading