Ajaib Sekuritas Asia Jadi The Best Retail Brokerage Firm

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
14 December 2021 20:21
PT. Ajaib Sekuritas Asia terpilih menjadi pemenang penghargaan kategori The Best Retail Brokerage Firm dalam acara penghargaan CNBC Indonesia Award 2021. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Media Ekonomi terbesar dan terintegrasi CNBC Indonesia menggelar CNBC Indonesia Awards 2021, sebagai wujud apresiasi dan kinerja yang telah diraih para pelaku ekonomi dan dunia usaha sepanjang 2021.

Untuk kategori The Best Retail Brokerage Firm diberikan kepada perusahaan sekuritas yang menunjukkan performa di atas rata-rata dalam mengakuisisi nasabah ritel, terutama milenial selaku investor masa depan. Pemenang dinilai mampu memanfaatkan platform digital sehingga membantu menjaga transaksi bursa di tengah volatilitas intensitas transaksi investor asing dan institusi.

Atas inovasi dan terobosannya dalam meningkatkan investor ritel di pasar modal tanah air, PT Ajaib Sekuritas Asia dinobatkan sebagai The Best Retail Brokerage Firm. Penghargaan diberikan secara langsung kepada perwakilan manajemen Ajaib Sekuritas, pada malam puncak CNBC Indonesia Awards 2021.


Penyuplai utama investor muda tersebut salah satunya adalah PT Ajaib Sekuritas Asia, perusahaan sekuritas murni digital pertama di Tanah Air. Dengan jumlah pengguna atau investor saham sebanyak 1 juta, 90% di antara mereka adalah kaum milenial dan Gen Z.

Semuanya itu diraih dalam waktu kurang dari dua tahun, bersamaan dengan masuknya investor global yang seolah berlomba menyuntikkan dana ke Ajaib. Tahun ini, perseroan resmi menyandang status sebagai Unicorn, karena bervaluasi di atas US$ 1 miliar (Rp 14,5 triliun).

Adapun faktor pembeda perseroan dibandingkan dengan perusahaan sekuritas biasa adalah ranah operasinya yang sepenuhnya digital. Aplikasi tersebut menawarkan berbagai keunggulan yang sulit untuk ditampik para milenial, yakni mulai dari kemudahan, fleksibilitas, kekayaan informasi hingga biaya transaksi yang terjangkau bagi kantong mereka.

Untuk meningkatkan awareness akan keunggulan tersebut, Ajaib dengan jeli memanfaatkan momentum rebound bursa pada kuartal IV-2020. Perseroan melancarkan strategi pemasaran masif baik secara konvensional melalui iklan, maupun non-konvensional lewat media sosial.

Dari sisi aset, Ajaib juga mencuri perhatian dengan pertumbuhan aset yang tertinggi kelima di industri (per Juni 2021), yakni sebesar 64%, menjadi Rp 741,8 miliar. Per September, angka tersebut semakin meningkat dan menyentuh rekor pertama Ajaib, yakni menembus Rp 1 triliun.

Nilai transaksi harian Ajaib juga meningkat pesat. Dalam sembilan bulan pertama tahun lalu, Ajaib belum terlihat di daftar 50 besar Anggota Bursa (AB) dari sisi nilai transaksi. Pangsa pasar perseroan kala itu sangatlah kecil, di bawah 0,27% (berdasarkan nilai transaksi).

Namun per September tahun ini, Ajaib mampu membukukan transaksi saham kumulatif sebesar Rp 56,42 triliun dengan pangsa pasar mencapai 1,17% dan melesat di peringkat 26. Ini merupakan lompatan yang sangat fantastis melibas "puluhan broker senior" lainnya.

 

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hadirkan Inovasi, Ajaib Sekuritas Sabet 2 Penghargaan


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading