Internasional

Siap-siap! Grab Melantai di Bursa Hari Ini

Market - Sef, CNBC Indonesia
02 December 2021 12:55
Peresmian Grab Tech Center di Jakarta (Dok. Grab)

Jakarta, CNBC Indonesia - Grab akan memulai perdagangan di bursa Amerika Serikat (AS), Kamis (2/12/2021) ini. Perusahaan penyedia jasa transportasi, logistik, dan pengantaran asal Singapura itu akan melakukan pencatat perdana di Nasdaq.

IPO dilakukan setelah merger dilakukan dengan Altimeter Growth Corp dalam rapat umum luar biasa Selasa (30/11/2021). Entitas gabungan akan berdagang di bawah kode GRAB.



Penggabungan ini sendiri adalah salah satu kesepakatan perusahaan akuisisi dengan tujuan khusus atau special purpose acquisition company (SPAC) terbesar yang pernah ada. Di mana nilainya mencapai US$ 40 miliar

"Kami benar-benar percaya ini adalah waktu Asia Tenggara untuk bersinar, dan kami berharap masuknya kami ke pasar publik global akan membantu membawa perhatian yang lebih besar pada peluang luar biasa di kawasan ini," kata Anthony Tan, Group CEO dan co-founder dikutip dari Strait Times.



Melalui merger dengan Altimeter Grup, Grab berhasil meraup US$ 4,5 miliar. Termasuk suntikan modal senilai US$ 750 juta dolar AS dalam kesepakatan yang dibuat pada April lalu.

Mengutip Reuters, analis melihat ada ruing untuk banyak pemain di pasar serupa di Asia Tenggara. Tapi jalan menuju profit mash panjang.

Pada September lalu, Grab memangkas perkiraan pendapatan setahun penuh. Alasannya, masih adanya ketidakpastian karena kebijakan pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Adapun pendapatan perusahaan kuartal ketiga (Q3) 2021, turun 9%. EBITDA melebar 66% menjadi US$ 212 juta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

OVO Buka Suara Soal Tokopedia, Setelah Grab Kuasai 90% Saham


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading