Mau Hengkang dari RI, Aktivitas Citigroup Disuspen

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
09 November 2021 09:35
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (6/10/2021).  Indeks Harga Saham Gabungan berhasil mempertahankan reli dan ditutup terapresiasi 2,06% di level 6.417 pada perdagangan Rabu (06/10/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Citigroup Sekuritas Indonesia dengan kode broker CG pada perdagangan hari ini, tidak bisa menjalankan layanannya seperti biasa.

Berdasarkan data di salah satu aplikasi trading, muncul notifikasi Citigroup Sekuritas Indonesia disuspen sejak pukul 09.49 pada Selasa ini (11/9/2021). Sehingga, nasabah tidak bisa melakukan transaksi di perusahaan sekuritas yang terafiliasi dengan Citi Indonesia ini.

CNBC Indonesia sudah mengonfirmasi Country Head of Corporate Affairs Citibank N.A., Indonesia, Puni A. Anjungsari terkait suspensi ini, namun hingga berita ini ditayangkan, Puni belum memberikan jawaban.


Namun, bila melihat kabar yang beredar sebelumnya, perusahaan sekuritas dengan kode CG ini akan berhenti untuk memberikan layanannya mulai Jumat, 15 Oktober 2021.

Dalam pengumuman yang disampaikan oleh sekuritas ini yang tersebar di grup-grup WhatsApp pelaku pasar modal, analis dan trader, disebutkan bahwa perusahaan ini tidak lagi akan menyediakan layanan penjualan domestik di Indonesia.

"Mohon diperhatikan bahwa mulai 18 Oktober 2021, Citigroup Sekuritas Indonesia tidak lagi menyediakan layanan penjualan dan eksekusi domestik di Indonesia," tulis pengumuman tersebut, dikutip Senin ini.

"Citigroup Sekuritas Indonesia Equity berterima kasih kepada klien atas bisnis mereka selama lebih dari 10 tahun terakhir. Perdagangan terakhir untuk Citigroup adalah 15 Oktober 2021."

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan segera memberikan informasi lebih lanjut berkaitan dengan kabar bahwa PT Citigroup Sekuritas Indonesia (PT CSI), entitas usaha dari Citi, akan hengkang dari pasar modal Indonesia dalam waktu dekat.

"Nanti akan dikabarkan kembali soal Citibank ini ya," kata Laksono Widodo, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Senin malam (11/10/2021).

Padahal, kepada CNBC Indonesia melalui surel pada 29 September lalu, manajemen Citi Indonesia telah memastikan bahwa anak usahanya yang bergerak di bisnis sekuritas, Citigroup Sekuritas Indonesia tidak akan hengkang dari Indonesia.

Country Head of Corporate Affairs Citibank N.A., Indonesia, Puni A. Anjungsari menyebutkan bahwa CSI akan tetap melayani nasabah institusinya.

"Citigroup Sekuritas Indonesia tidak akan keluar dari Indonesia, dan berkomitmen untuk terus melayani para klien institusionalnya," kata Puni kepada CNBC Indonesia, Rabu (29/9/2021).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pengumuman! BEI Lelang Kursi AB Milik Kresna, Ada Peminat?


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading