Taipan RI Berharta Rp 95 T Ini Lepas Anak Usaha di Sri Lanka

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
04 November 2021 16:18
Sri Prakash Lohia

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan emiten baku industri tekstil, PT Indorama Synthetics Tbk (INDR) yang dimiliki taipan Sri Prakash Lohia, menjual entitas anak tidak langsung di Sri Lanka.

Corporate Secretary INDR, Arun Dalmia menyampaikan, perseroan melepas kepemilikan 100 saham di Isin Lanka Pte Ltd. Perusahaan ini sebelumnya seluruh sahamnya dimiliki oleh perusahaan sebagai entitas anak usaha tidak langsung.

Transaksi penjualan ini dilakukan melalui IRS Global Pte Ltd (IRSG), anak perusahaan tidak langsung yang dimiliki sepenuhnya oleh INDR. Penjualan ini dilakukan via perjanjian jual beli pada 2 November 2021 untuk menjual 100% kepemilikan saham di ISL kepada Sri Isin Ceylon Pte Ltd dengan nilai transaksi US$ 2,80 juta atau sekitar Rp 39,90 miliar.


"Pembeli telah dan akan membayar sebelum penutupan transaksi, seluruh nilai transaksi kepada ISL supaya ISL melunasi semua kewajibannya," kata Arun, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (4/11/2021).

Setelah transaksi ini, nantinya ISL tidak akan lagi menjadi anak perusahaan tidak langsung INDR.

"Tidak ada dampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha INDR," katanya.

Sebagai informasi, INDR adalah perusahaan yang dikendalikan oleh Indorama Holdings B.V yang dimiliki taipan Sri Prakash Lohia dengan kepemilikan 63,38%.

Forbes menyebutkan, saat ini Prakash berada di peringkat ke-404 orang terkaya di seluruh dunia. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 6,7 miliar atau sekitar Rp 95 triliun (kurs Rop 14.200/US$). Hal ini membuatnya menempati peringkat ketiga sebagai orang terkaya di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Update Daftar Crazy Rich RI, Hartono Masuk 100 Besar Dunia!


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading