Harga Minyak Jatuh, Harga Karet Ikut Turun! Kok Bisa?

Market - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
28 October 2021 12:25
A woman works in a rubber plantation in Yala province, southern Thailand, January 30, 2017. REUTERS/Surapan Boonthanom

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga karet melemah pada perdagangan hari ini terseret harga minyak yang jatuh akibat lonjakan persediaan yang mengejutkan.

Pada Kamis (28/10/2021) pukul 11:00 WIB harga karet berjangka pasar Osaka tercatat JPY 230,7/kg, turun 0,94% dibanding harga penutupan kemarin.


karetSumber: Refinitiv

Harga minyak dunia kompak turun pada perdagangan hari ini. Harga minyak berjangka Brent turun 2,19% menjadi US$ 82,06/barel. Sementara itu, minyak mentah WTI melemah 1,91% menjadi US$ 81,03/barel.

Kejutan datang dari rilis data persediaan minyak mentah di AS yang melonjak tinggi jadi pemicu pelemahan harga dunia. Departemen Energi AS melaporkan persediaan minyak mentah naik 4,3 juta barel pada minggu lalu, lebih tinggi dari perkiraan naik 1,9 juta barel.

Pelemahan harga minyak mentah menekan pergerakan karet alam. Hal ini karena barang pengganti karet alam, karet sintetis akan dihargai lebih murah.

Perlu diketahui, minyak adalah bahan utama pembuatan karet sintetis. Jadi ketika harga minyak turun, biaya pembuatan karet sintetis diharapkan akan turun.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(ras/ras)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading