Semester I, Laba Darma Henwa Melesat 100% Jadi US$ 1,51 Juta

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
22 October 2021 16:01
Darma Henwa

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Darma Henwa Tbk (DEWA) mencatat peningkatan laba 106,8% pada semester I-2021 menjadi US$ 1,51 juta, dari posisi US$ 730 ribu pada semester I-2020. Lonjakan laba ini dikontribusikan dari meningkatnya aktivitas penambangan batu bara yang menggunakan jasa perusahaan.

Presiden Direktur PT Darma Henwa Tbk (DEWA) Rio Supin mengatakan laba yang tercatat di paruh pertama tahun ini dikontribusikan oleh tiga strategi yang ditetapkan perusahaan. Pertama mengurangi biaya operasi melalui program pemeliharaan yang efisien, praktik global sourcing, dan meningkatkan kapasitas armada yang dimiliki perusahaan.

Alat berat tambahan milik DEWA pun telah ditempatkan pada proyek di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, sehingga meningkatkan kapasitas operasi secara keseluruhan. Sejumlah armada tambahan ini rencananya akan tiba di lokasi proyek yang telah ditentukan dan mulai beroperasi pada kuartal IV-2021.


Pada semester I-2021, DEWA mencatat pertumbuhan aset 5% menjadi US$ 578,1 juta dari US$ 550,6 juta pada 2020. Peningkatan total aset dikontribusikan oleh aset tetap seiring dengan penambahan kapasitas alat berat, untuk melakukan lebih banyak pekerjaan dengan peralatan sendiri.

Sementara itu perusahaan mencatatkan penurunan pendapatan menjadi US$ 152,9 juta, atau turun 9,6% dari semester I-2020 senilai US$ 169 juta. Rio mengatakan perusahaan masih mampu meningkatkan laba operasi, meski ada rugi selisih kurs senilai US$ 1,4 juta.

"Manajemen utang yang lebih baik yang dilakukan perusahaan, serta pembayaran utang yang konsisten terhadap bank dan pemodal sewa juga meringankan beban keuangan sebesar 5,2% menjadi US$ 5,1 juta dibandingkan semester I-2020 senilai US$ 5,4 juta," kata Rio Supin dalam siaran resminya, Jumat (22/10/2021).

Dia menambahkan efisiensi biaya terus dilakukan oleh perusahaan yang akan tercermin pada kinerja keuangan berikutnya. DEWA juga memperluas jangkauan kerjanya di wilayah Kalimantan Selatan dan konsisten meningkatkan kapasitas armada yang beroperasi di semua lokasi proyek sesuai dengan permintaan.

"DEWA menargetkan pertumbuhan volume produksi yang cukup besar hingga akhir tahun 2021 yang diharapkan dapat mendukung kinerja keuangan. Selain memperluas kapasitas jasa pertambangan batubara, Perseroan juga melakukan upaya perluasan usaha di bidang infrastruktur pertambangan dan jasa engineering," kata dia.

Saat ini, proyek pembangunan infrastruktur jalan angkut batu bara sedang berlangsung dan diharapkan selesai pada pertengahan 2022. DEWA juga terus mengembangkan bisnis jasa engineering dengan mengoperasikan pusat rekondisi dan perawatan alat berat di Balikpapan. Dalam waktu dekat, workshop ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam penyediaan dan perawatan alat berat Perseroan.

"Strategi yang dilakukan ini memungkinkan Darma Henwa memberikan nilai tambah lebih kepada klien dan pemegang saham, sekaligus mendorong pertumbuhan Perusahaan dengan tujuan untuk memiliki keunggulan kompetitif yang lebih baik di bisnis jasa pertambangan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas," kata Rio

Dengan peningkatan kinerja operasional dan kinerja keuangan, Manajemen DEWA berkomitmen untuk secara konsisten meningkatkan kinerja fundamental dan meningkatkan efisiensi operasional untuk mendorong profitabilitas Perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kuartal I, Darma Henwa Catat Laba US$ 8,1 juta


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading