Citigroup Sekuritas Mau Cabut 15 Oktober? Ini Respons Bursa

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
11 October 2021 19:21
Citigroup

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan segera memberikan informasi lebih lanjut berkaitan dengan kabar bahwa PT Citigroup Sekuritas Indonesia (PT CSI), entitas usaha dari Citi, akan hengkang dari pasar modal Indonesia dalam waktu dekat.

Pernyataan ini menanggapi kabar bahwa broker berkode CG ini akan berhenti untuk memberikan layanannya mulai Jumat pekan ini, 15 Oktober 2021.

"Nanti akan dikabarkan kembali soal Citibank ini ya," kata Laksono Widodo, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Senin malam (11/10/2021).


Sebelumnya, dalam pengumuman yang disampaikan oleh sekuritas ini yang tersebar di grup-grup WhatsApp pelaku pasar modal, analis dan trader, disebutkan bahwa perusahaan ini tidak lagi akan menyediakan layanan penjualan domestik di Indonesia.

"Mohon diperhatikan bahwa mulai 18 Oktober 2021, Citigroup Sekuritas Indonesia tidak lagi menyediakan layanan penjualan dan eksekusi domestik di Indonesia," tulis pengumuman tersebut, dikutip Senin ini.

"Citigroup Sekuritas Indonesia Equity berterima kasih kepada klien atas bisnis mereka selama lebih dari 10 tahun terakhir. Perdagangan terakhir untuk Citigroup adalah 15 Oktober 2021."

Padahal, kepada CNBC Indonesia lewat e-mail pada 29 September lalu, manajemen Citi Indonesia telah memastikan bahwa anak usahanya yang bergerak di bisnis sekuritas, Citigroup Sekuritas Indonesia tidak akan hengkang dari Indonesia.

Country Head of Corporate Affairs Citibank N.A., Indonesia, Puni A. Anjungsari menyebutkan bahwa CSI akan tetap melayani nasabah institusinya.

"Citigroup Sekuritas Indonesia tidak akan keluar dari Indonesia, dan berkomitmen untuk terus melayani para klien institusionalnya," kata Puni, dalam keterangan resmi yang disampaikan lewat surat elektronik, kepada CNBC Indonesia, Rabu (29/9/2021).

Saat ini, Citi Indonesia, kata dia, memiliki platform global markets yang terintegrasi dan menawarkan solusi global yang mencakup tarif, mata uang, kredit, ekuitas, konsultasi, dan origination serta distribusi pasar modal.

Selain itu, Citi Indonesia terus melakukan komunikasi dengan regulator dan otoritas keuangan terkait untuk membahas dan mendukung upaya pendalaman pasar dalam rangka mempromosikan dan mengembangkan pasar keuangan Indonesia.

Citi Indonesia sejauh ini telah berhasil menggalang lebih dari Rp 285 triliun atau sekitar US$ 20 miliar pada tahun 2021 dari nasabah institusi di Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

GoTo-Traveloka cs Mau IPO, Indeks MSCI RI Bakal Terkerek


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading