Roundup

Sinarmas Bikin Mal di Bekasi, Ada Transaksi Misterius RANC!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
01 October 2021 08:50
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Tanah Air berakhir di zona hijau dengan penguatan signifikan pada perdagangan kemarin, Kamis (30/9) utamanya ditopang oleh nilai transaksi harian yang mencapai hampir Rp 24 triliun.

Hal ini mendorong kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan 2,02% ke level 6.286,94 poin.

Namun demikian, investor asing tercatat melakukan penjualan bersih cukup agresif, Rp 3,85 triliun di hari terakhir perdagangan di bulan September.


Cermati aksi dan peristiwa emiten berikut ini yang dihimpun dalam pemberitaan CNBC Indonesia sebelum memulai transaksi pada perdagangan Jumat (1/10/2021):

1.Rogoh Rp 1 T, Grup Sinarmas & Kawan Lama Bikin Mal di Bekasi

Perusahaan properti Grup Sinar Mas, Sinarmas Land, dan Kawan Lama Group (pemilik Ace Hardware) bekerjasama membangun proyek mal kedua Living World di Grand Wisata Bekasi, Jawa Barat.

Kedua perusahaan tersebut membentuk perusahaan joint venture PT Sahabat Duta Wisata dan melakukan groundbreaking pembangunan pada Kamis ini (30/9/2021).

Proyek ini berdiri di atas lahan seluas 4 hektare dengan luas bangunan mal dan area parkir sekitar 155.000 meter persegi. Proyek shopping center ini mengeluarkan total investasi mencapai Rp 1 triliun dan diperkirakan mulai beroperasi pada kuartal pertama 2024.

2.Mau Tutup 7 BUMN 'Zombie', Erick: Dipercepat, Gak Tunggu UU!

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan akan mempercepat proses penutupan tujuh BUMN 'zombie' yang sudah tak beroperasi sejak lama, bahkan sejak 2008.

Dia berharap penutupan ini bisa dilakukan sebelum UU BUMN amandemen selesai digarap oleh DPR. Saat ini amandemen perubahan Undang-Undang (UU) Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN tengah dibahas DPR.

Erick mengungkapkan, percepatan penutupan BUMN mati suri ini diharapkan bisa dilakukan mengingat belum lama ini telah dilakukan penggabungan tiga BUMN ke entitas lain, melalui Peraturan Pemerintah (PP).

3.Ada Transaksi Misterius Saham RANC Rp 2 T, Djarum Masuk?

Di tengah kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) lebih dari 2%, terdapat transaksi jumbo di saham emiten pengelola supermarket produk makanan segar dan organik Ranch Market PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) di pasar negosiasi pada perdagangan hari ini, Kamis (30/9/2021).

Dalam transaksi tersebut, investor domestik masuk menggunakan broker PT BCA Sekuritas (SQ), dengan membeli total 797,89 juta saham RANC di harga Rp 2.550/unit. Adapun total nilai transaksi negosiasi tersebut mencapai Rp 2,03 triliun.

Transaksi pembelian saham tersebut tercatat sebanyak 7 kali yang terjadi pada sekitar pukul 09.00 pagi tadi dan merupakan transaksi tutup sendiri atau crossing.

4.Jatuh Tempo, Waskita Lunasi 2 Seri Obligasi Senilai Rp 1,70 T

Emiten konstruksi BUMN, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melunasi pokok obligasi dan bunga yang jatuh tempo pada 28 September 2021 senilai Rp 1,70 triliun.

Kedua surat utang tersebut antara lain, Obligasi Berkelanjutan II Tahap II 2016 dengan pokok Rp 900,00 miliar dan bunga Rp 19,12 miliar. Lalu, Obligasi Berkelanjutan III Tahap III 2018 seri A dengan pokok Rp 761,00 miliar dan bunga Rp 22,95 miliar.

Pembayaran obligasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen perseroan dalam melaksanakan kewajibannya kepada investor obligasi dan merupakan bagian dari strategi 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita dalam hal restrukturisasi.

NEXT: Cek Aksi Korporasi Lainnya

Taspen Borong Saham PTBA, Rencana Bank Digital BINA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading