Sah! Erick Angkat Anak Buah Basuki Jadi Komut Virama Karya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 September 2021 18:50
Diana Kusumastuti. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti sebagai Komisaris Utama PT Virama Karya (Persero). Diana menggantikan mantan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi yang menduduki posisi itu sejak 2016.

"Komisaris, Direksi dan Seluruh Keluarga Besar PT Virama Karya (Persero) Mengucapkan Selamat atas Dilantiknya Ir. Diana Kusumastuti, M.T. Sebagai Komisaris Utama PT VIRAMA KARYA (Persero) dan Terima Kasih Kepada Bapak Dr. Ir. Hari Suprayogi, M.Eng atas dedikasi dan pengabdiannya terhadap PT VIRAMA KARYA (Persero)," tulis pengumuman di laman Instagram resmi Virama Karya, Kamis (30/9/2021).

"Semoga Virama Semakin Inovatif dan Memberikan Dampak Besar Untuk Indonesia Maju."


Mengutip laman resmi PUPR, Kamis (30/9/2021), Diana meraih gelar S1 Teknik Arsitektur Universitas Diponegoro pada 1991. Titel S2 dalam wujud Magister Studi Pembangunan didapat dari Institut Teknologi Bandung pada 2004.

Sebelum menjadi Dirjen Cipta Karya, Diana merupakan Direktur Bina Penataan Bangunan di direktorat yang sama. Sementara itu, seperti dikutip dari laman resminya, Virama Karya adalah perusahaan konsultan dengan spesialisasi pada bidang pelayanan jasa teknik dan manajemen bidang transportasi jalan dan jembatan serta bidang teknik sipil lainnya. Pada awalnya, perusahaan ini adalah perusahaan swasta Belanda yang bernama NV. Architecten Ingenieurs Bureau Fermon Cuypers yang didirikan pada tahun 1961.

Perusahaan ini dinasionalisasi melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56/1961, dan beroperasi di bawah binaan Kementerian Tenaga Listrik dan Pekerjaan Umum. Kemudian pada tahun 1970, menjadi Persero PT Virama Karya berdasarkan PP Nomor 38/1970, dengan pembinaan dari Departemen Pekerjaan Umum dan Departemen Keuangan.

Dari tahun 1971 sampai sekarang telah banyak pekerjaan-pekerjaan yang dipercayakan kepada Virama Karya baik untuk pekerjaan tata ruang, pemetaan, jalan dan jembatan maupun pekerjaan bendungan dan irigasi.Perusahaan Virama Karya adalah perusahaan independen dan tidak mempunyai hubungan dengan perusahaan kontraktor manapun. Namun sering bekerja sama dengan perusahaan konsultan sejenis, baik konsultan internasional maupun konsultan nasional.

Dalam operasi perusahaan selama lebih kurang 40 tahun, banyak institusi pembiayaan internasional memberikan kepercayaannya kepada Virama Karya untuk melaksanakan jasa konsultansi, antara lain yaitu The Asian Development Bank (ADB), the International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) of the World Bank, Overseas Economic Cooperation Fund (OECF), Japan, the Canadian International Development Agency (CIDA), the Australian International Development Assistant Bureau (AIDAB) dan the Commission of European Communities.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading