TASPEN Borong 262,5 Juta Saham PTBA Senilai Rp600 Miliar

Market - dob, CNBC Indonesia
30 September 2021 09:55
Dok: Taspen

Jakarta, CNBC Indonesia - PT TASPEN (Persero), BUMN yang bergerak di bidang Asuransi dan Jaminan Sosial Aparatur Sipil Negara melakukan sinergi dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang bergerak di bidang pertambangan batu bara.

Sinergi ini dibuktikan dengan pembelian saham treasury PTBA senilai kurang lebih Rp600 miliar atau sebanyak 262,5 juta lembar saham oleh TASPEN. Jumlah tersebut terbilang signifikan karena merupakan 87% dari total jumlah pengalihan saham sebesar 303,1 juta lembar saham.

Dengan pembelian saham treasury tersebut, maka kepemilikan TASPEN atas saham PTBA meningkat dari sebelumnya 95,9 juta lembar atau 1% menjadi 358,4 juta lembar atau 3%. Kegiatan pembelian saham dengan metode penjualan di luar bursa atau private placement ini dihadiri oleh Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih, Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Suryo Eko Hadianto dan Direktur Layanan Strategis MIND.ID Ogi Prastomiyono bertempat di Hotel Dharmawangsa, Jakarta (29/09).


Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih mengatakan, "Pembelian saham treasury PTBA ini merupakan bentuk langkah strategis TASPEN karena saham PTBA adalah saham yang baik untuk dikoleksi dalam portofolio investasi. TASPEN, sebagai BUMN yang berkiprah di bidang investasi, melihat saham treasury PTBA sebagai investasi yang tepat. Selain earnings PTBA yang baik di mana dibandingkan kuartal sebelumnya melonjak mencapai sekitar 150% dan secara Year-On-Year mencapai sekitar 230%, investasi ini juga didukung oleh harga batubara yang melonjak tinggi dan adanya 2 Proyek Strategis Nasional yang ditangani PTBA yaitu PLTU Mulut Tambang Sumsel-8 dan Hilirisasi Batubara Coal To Dimethyl Ether (DME) yang ke depannya kami harapkan bisa menjadi alternatif yang baik sebagai pengganti Elpiji ke depannya."

"Hal ini juga merupakan wujud komitmen TASPEN untuk mendukung realisasi PSN dan mendukung usaha sesama BUMN serta bukti kepercayaan TASPEN atas kinerja dan profesionalitas PTBA di industri batu bara dan MIND.ID di sektor pertambangan. Kami juga melihat bahwa harga batubara dunia akan masih menguat di masa depan. Kami akan mengamati dan memanfaatkan berbagai peluang investasi strategis dengan perusahaan BUMN lintas sektor, dengan tetap mengedepankan prinsip PAHALA - yang merupakan singkatan dari Pastikan Aman, Hasil, Likuid, Andal, dan Antisipatif - sebagai pedoman dalam menjalankan lini bisnis perusahaan," ujar Kosasih.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Suryo Eko Hadianto mengatakan, "Kami memberikan apresiasi tertinggi atas kepercayaan TASPEN kepada PTBA atas keterbukaan informasi pengalihan saham treasury. Ke depannya kami harap dapat meningkatkan sinergi antara TASPEN dan PTBA yang tentunya akan memberikan benefit diantara kedua perusahaan dan menjadi andil dalam meningkatkan perekonomian bangsa."

Direktur Layanan Strategis MIND.ID Ogi Prastomiyono mengatakan, "Apresiasi tertinggi diberikan kepada TASPEN yang telah mengambil pengalihan ini serta mempercayakan saham PTBA dalam portofolionya, kami berharap sinergi ini membuat TASPEN semakin sukses ke depannya."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ramai-Ramai Diborong Asing, Saham PTBA Terbang


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading