Unit Link 'Digempur' Banyak Masalah, Cek Fakta Sebenarnya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 September 2021 06:30
Ilustrasi Gedung OJK

Jakarta, CNBC Indonesia - Persoalan yang menggelayuti asuransi jiwa, khususnya untuk produk unit link (produk asuransi berbalut investasi) membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) gerak cepat dengan menggodok aturan turunan demi menjaga iklim investasi asuransi terjaga dengan baik.

Beberapa masalah yang mendera unit link di antaranya aduan nasabah, persoalan pemasaran dan klaim, hingga indikasi adanya penjualan lewat mekanisme Multi Level Marketing (MLM).


Sepanjang tahun lalu, menurut data OJK, hampir 3 juta nasabah menutup polis unit link di tengah dampak pandemi Covid-19.

OJK pun akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) terbaru mengenai produk asuransi jiwa khususnya Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI), termasuk unit link. Tujuannya untuk mengatur dan memperketat aturan penjualan PAYDI.

Salah satu aturannya yakni akan mewajibkan setiap nasabah unit link untuk menggunakan nomor tunggal investor pasar modal alias Single Investor Identification (SID) tetapi kajiannya belum final.

Kepala Departemen Pengawasan IKNB 1A OJK Dewi Astuti mengatakan ketentuan ini memang dalam proses pengkajian. Namun hal ini dinilai penting sebagai bagian dari upaya perlindungan investor. Aturan ini akan menjadi bagian dari SE terbaru mengenai PAYDI kendati belum final.

"Kita mau aturan ini dapat menjadi salah satu jawaban dari permasalahan yang muncul, antara lain perlindungan konsumen, proses penjualan, pemahaman konsumen mengingat produk ini adalah tetap produk asuransi tetapi ada unsur investasi," kata Dewi kepada CNBC Indonesia, Senin lalu (20/9/2021).

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan lewat SE baru tersebut, OJK akan mengatur kriteria perusahaan yang memasarkan PAYDI, desain PAYDI, pedoman pengelolaan, pemasaran dan keterbukaan informasi, serta pelaporan PAYDI.

"Untuk meningkatkan pengawasan kepemilikan efek oleh perusahaan asuransi, OJK juga sedang menyiapkan dashboard kepemilikan efek perusahaan asuransi dan dana pensiun," kata Sekar, Jumat (27/8/2021).

Lantas bagaimana fakta sebenarnya kinerja unit link di semester I-2021?

NEXT: Data Kinerja Unit Link di Semester I

Fakta Premi Unit Link di Semester I
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading