Setelah Astra, Giliran Grup Ciputra Suntik Sayurbox

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
23 September 2021 09:40
Sayurbox

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten teknologi penyedia solusi digital, PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), salah satu perusahaan Grup Ciputra, berinvestasi di perusahaan rintisan e-groceries, Kulawarga Asia Pte Ltd atau yang dikenal Sayurbox.

Hal ini disepakati dalam perjanjian investasi antara perseroan dengan Sayurbox atau pada 20 September 2021 di mana di dalam perjanjian tersebut Perseroan dalam kurun waktu tertentu akan mendapatkan kepemilikan saham di Sayurbox sesuai dengan jumlah dan persentase saham yang didasarkan pada perhitungan/formula yang diatur di dalam perjanjian investasi tersebut.

"Nilai investasi perseroan adalah sebesar USD 500.000 yang merupakan investasi pendahuluan pada tahap Bridge Round di Sayurbox," ungkap Corporate Secretary MTDL, Randy Kartadinata, dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, dikutip Kamis (23/9/2021).


Manajemen MTDL menyebut, perjanjian investasi yang ditandatangani oleh perseroan dan Sayurbox merupakan pengumpulan dana (capital fund raising) yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan operasional Sayurbox dan anak usahanya dalam bidang e-groceries.

Sayurbox merupakan perusahaan berbadan hukum di Singapura yang mempunyai kepemilikan saham mayoritas di PT Kreasi Nostra Mandiri dan PT Kreasi Tani Laksmi yang menjalankan kegiatan usaha penjualan retail dan distribusi sayur, buah, daging dan kebutuhan sehari-hari melalui media platform elektronik. Sayurbox sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2017.

Randy mengatakan, tidak ada dampak operasional dalam investasi di Sayurbox, mengingat Sayurbox di kelola secara mandiri oleh Kulawarga Asia Pte. Ltd dan entitas anaknya.

Namun, dengan melakukan investasi sebesar USD 500.000 di Sayurbox, maka terbuka kemungkinan bagi perseroan untuk mendapatkan nilai tambah dari investasinya dalam hal terjadi peningkatan nilai perusahaan dari Sayurbox.

Dari sisi dampak keberlangsungan usaha, perseroan dapat mengembangkan bisnis melalui investasi di perusahaan rintisan yang berbasis digital yang telah teruji, bertumbuh secara baik, dan memiliki customer base yang besar di Indonesia.

"Tujuan dari investasi ini adalah sejalan dengan strategi besar dari perseroan untuk terlibat secara penuh dalam transformasi digital di Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, selain MTDL, sebelumnya Grup Astra juga berinvestasi di Sayurbox senilai US$ 5 juta pada tahun ini. Djony Bunarto Tjondro, Presiden Direktur ASII, mengatakan langkah investasi tersebut sebagai bagian dari inisiatif strategis untuk mempercepat transformasi digital Grup Astra.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading