Siapa Penguasa Industri Telko RI, Setelah Indosat-Tri Gabung?

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
17 September 2021 12:15
ISAT dan TRI/detik

Jakarta, CNBC Indonesia - Konsolidasi sektor telekomunikasi Tanah Air mencapai babak baru. Hal ini terjadi usai Ooredoo QPSC (Ooredoo) dan dan CK Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison) secara resmi telah mengumumkan rencana penggabungan bisnis (merger) usahanya di Indonesia, yakni PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) atau Tri Indonesia.

Menurut keterangan resmi perusahaan, nilai transaksi dari aksi korporasi berupa merger tersebut mencapai US$ 6 miliar atau setara dengan lebih dari Rp 85 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.250/US$.

Rencana penggabungan bisnis ini akan disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 22 November mendatang. Ditargetkan penggabungan ini akan efektif pada 1 Desember 2021.


Adapun perusahaan hasil penggabungan usaha ini akan diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.

Setelah ditetapkan dalam RUPSLB ini, maka komposisi pemegang saham perusahaan menjadi induk usaha masing-masing entitas ini yakni Ooredoo Q.P.S.C. (Ooredoo) dan K Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison) akan memiliki kendali yang sama dalam ISAT dengan kepemilikan sebesar 65,6%.

Pemegang saham lainnya yakni pemerintah Indonesia sebesar 9,6%, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia 10,8% saham, dan pemegang saham publik lainnya memiliki kira-kira 14,0% saham.

Ditargetkan setelah terjadinya penggabungan ini, perusahaan hasil penggabungan akan berada pada posisi yang lebih baik untuk meluncurkan 5G. Hal ini lantaran investasi pada penyebaran 5G dinilai padat modal sehingga dibutuhkan kondisi keuangan yang lebih kuat.

"Peluncuran 5G yang cepat akan menguntungkan seluruh konsumen dan mendorong invoasi pada berbagai area seperti pendidikan daring, manufaktur otomatis, kota pintar, pertanian elektronik, dan transportasi elektronik," demikian mengutip keterangan tersebut, Jumat (17/9/2021).

Lantas, bagaimana peta persaingan dan prospek emiten sektor telekomunikasi ke depan?

Pada halaman selanjutnya, Tim Riset CNBC Indonesia akan membahas secara ringkas prospek emiten halo-halo Tanah Air.

Kekuatan 3 Raksasa Telko pasca Merger ISAT-Tri Indonesia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading