Roundup

Cek 7 Kabar Pasar Sebelum Trading, Ada Puan hingga Garuda!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
16 September 2021 08:58
Dok.Rukun Raharja

Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (16/9/2021) tak ada salahnya untuk menyimak kembali sejumlah peristiwa yang terjadi pada emiten.

CNBC Indonesia telah merangkum tujuh peristiwa emiten yang terjadi pada perdagangan kemarin untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum perdagangan hari ini, Kamis (16/9/2021) dibuka.

1. Grup Astra Resmi Rilis AstraPay, Siap Join ke Ekosistem GoTo?


Manajemen Grup Astra memastikan, anak usahanya yang bergerak di bisnis dompet digital, PT Astra Digital Arta atau Astrapay belum akan terintegrasi dengan ekosistem keuangan digital milik GoTo, Gopay. GoTo adalah entitas gabungan Gojek dan Tokopedia.

Director-In-Charge dari Astra Financial, Transportation, and Logistic, Suparno Djasmin mengungkapkan, meskipun perusahaan induk Grup Astra saat ini menjadi salah satu investor di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek, perseroan masih akan fokus membesarkan bisnis AstraPay.

Saat ini, kata Suparno, AstraPay sudah memiliki 2,3 juta pengguna dan masih jauh angkanya bila dibandingkan kompetitor lainnya di bisnis dompet digital.

2. Rights Issue TPIA Rp 15,5 T Kelar, Thai Oil Resmi Masuk!

Emiten petrokimia milik taipan Prajogo Pangestu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menyatakan, perusahaan telah menyelesaikan pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas III (PUT III) dalam rangka penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue senilai Rp 15,48 triliun.

Dalam aksi korporasi ini, TOP Investment Indonesia (TII) menjadi pembeli siaga sekaligus investor baru TPIA.

TII adalah entitas usaha dari Thai Oil Public Company Limited (Thai Oil), kilang refinery unggulan dari PTT Public Company Limited (PTT) asal Thailand.

3. Walah Hasil Rapat Bocor, Garuda Bakal Gedein Bisnis Citilink?

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) dikabarkan akan memperbesar bisnis maskapai bertarif rendah (low cost carrier/LCC) melalui PT Citilink Indonesia dan memperkecil bisnis penerbangan full service-nya di bawah maskapai Garuda Indonesia.

Hal ini terbongkar setelah beredarnya hasil pertemuan manajemen Garuda Indonesia dengan Citilink Indonesia dan dua asosiasi karyawan yakni Asosiasi Pilot Citilink (APIC), dan Asosiasi Cabin Crew Citilink (ACCI). Hasil pertemuan tersebut beredar luas di media sosial.

"Manajemen telah memutuskan bahwa PT Citilink Indonesia akan dibesarkan dan PT Garuda Indonesia akan dikecilkan," demikian mengutip catatan hasil pertemuan tersebut, dikutip Rabu (15/9/2021).

4. Suami Puan Maharani Tambah Kepemilikan Saham RAJA

Suami dari Ketua DPR, Puan Maharani, Hapsoro menambah porsi kepemilikan sahamnya di emiten jasa hulu migas, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA).

Mengacu pengumuman yang disampaikan di laman keterbukaan informasi, Hapsoro menambah kepemilikan sebanyak 671.500 saham dengan status kepemilikan saham langsung.

Dengan demikian, kepemilikan saham Hapsoro bertambah menjadi 1.383.891.300 saham setara 32,74% kepemilikan saham RAJA dari sebelumnya sebanyak 1.383.219.800 saham atau setara 32,72% saham.

NEXT: Ada Kabar Lainnya nih, Cek ya!

Ada MPPA dan BEBS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading