Kabar Baik, Kasus Covid-19 Landai, Ayok IHSG Menguat!

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
14 September 2021 08:52
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham domestik pada perdagangan Selasa ini (14/9/2021) berpotensi untuk rebound seiring dengan sentimen penguatan indeks Dow Jones di bursa Wall Street As dan terus melandainya kasus Covid-19 di dalam negeri.

Senin kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,11% ke level 6.088,15 poin dengan nilai transaksi Rp 9,11 triliun. Pelaku pasar asing tercatat melakukan pembelian bersih senilai Rp 43,70 miliar.

Dalam risetnya, Samuel Sekuritas Indonesia memaparkan, perhatian investor AS saat ini tertuju pada kemungkinan pengesahan paket anggaran sebesar US$ 3.5 triliun oleh Presiden Joe Biden.


Selanjutnya, investor diperkirakan akan mengantisipasi data inflasi AS yang akan rilis malam ini yang diperkirakan akan menjadi salah satu penentu bilamana The Fed akan mengurangi program pembelian asetnya alias tapering.

Dari dalam negeri, perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia terus melandai. Sebanyak 2,577 kasus baru terjadi pada hari kemarin sedangkan yang sembuh mencapai 12,474 kasus. Dengan demikian, kasus aktif terus menurun menjadi 99,696 dengan angka kesembuhan (recovery rate) naik menjadi 94.3%.

Selain itu, pekan ini, BPS akan merilis data neraca dagang Indonesia yang diperkirakan dapat menjadi sentimen penggerak indeks. "IHSG kami perkirakan akan rebound mengikuti pergerakan bursa regional dan global," tulis Samuel Sekuritas.

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya berpendapat, gelombang tekanan dalam pergerakan IHSG terlihat belum akan berakhir, sedangkan masih minimnya sentimen pun menjadi salah satu faktor yang membuat pola gerak masih stagnan, sehingga potensi tekanan dalam pergerakan IHSG masih jauh lebih besar dibanding dengan kemampuan naiknya.

Namun, kata William, dalam jangka panjang masih terdapat peluang bagi para investor di pasar modal untuk saham saham tertentu dengan fundamental yang baik. "Hari ini IHSG berpotensi melemah pada rentang 5.969 - 6.202," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading