Reksa Dana Saham Keok, Reksa Dana Pasar Uang On Fire

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
14 September 2021 08:25
reksa dana

Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah pelemahan Indeks Harga Gabungan (IHSG) sebesar 0,52% pada pekan lalu, seluruh jenis indeks reksa dana kecuali Reksa Dana Pasar Uang mengekor dan ikut tertekan, dengan mencatatkan imbal hasil negatif pada periode 3-10 September 2021.

Berdasarkan laporan mingguan Infovesta, Senin (13/9/2021), tiga indeks reksa dana tercatat melemah dan turun tipis masing-masing kurang dari 5 basis points dalam sepekan. Reksa Dana Saham (Equity Fund) dan Reksa Dana Campuran (Balanced Fund) masing-masing melemah sebesar -0.03% dan - 0.04%, sementara kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund) melemah -0.02% yang dipengaruhi oleh penurunan Obligasi Pemerintah sebesar -0.03% namun Obligasi Korporasi menguat sebesar 0.12%.

Berbeda nasib dengan tiga yang lain, Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund) tercatat menguat sebesar 0.05%.


Reksa DanaFoto: Dok Infovesta
Reksa Dana


Sedangkan secara tahunan (year on year/YoY) sejak 10 September 2020 hingga 10 September 2021, keempat indeks tersebut mencatatkan imbal positif. Laporan Infovesta mengungkapkan bahwa kenaikan tertinggi dialami oleh Reksa Dana Saham (Equity Fund) yang naik 16,58%. Tidak jauh di belakang terdapat Reksa Dana Campuran (Balanced Fund) yang meningkat 14,49%.

Sedangkan dua indeks lainnya juga mengalami kinerja positif, meski kenaikannya tidak mencapai dua digit. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund) tercatat tumbuh 6,39% dan di posisi terbawah Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund) yang mengalami apresiasi 3,76% pada periode yang disebutkan di atas.

Reksa Dana



Sementara itu reksa dana syariah tercatat mengalami perubahan yang bervariasi, dengan dua tercatat melemah dan dua lainnya menguat.
Indeks yang tercatat melemah adalah Reksa Dana Campuran Syariah (Sharia Balanced Fund) Index dan Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah (Sharia Fixed Income Fund).

Sedangkan dua indeks yang melemah masing-masing adalah Reksa Dana Saham Syariah (Sharia Equity Fund) dan Reksa Dana Pasar Uang Syariah (Sharia Money Market Fund).

Reksa DanaFoto: Dok Infovesta
Reksa Dana

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading