Tok! BNI Securities Dapat Restu Otoritas Singapura

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
13 September 2021 11:58
Topang Pertumbuhan Ekonomi, BNI Dorong Peningkatan Kredit

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten perbankan BUMN, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) mendapat izin pendirian BNI Securities Pte Lte (BSPL) di Singapura oleh Monetary Authority of Singapore (MAS).

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Corporate Secretary BNI Mucharom, BNI Securities sahamnya dimiliki 100% oleh PT BNI Sekuritas, anak usaha BBNI dengan hukum yang berlaku di Singapura. Perusahaan sekuritas ini berkantor di 30 Cecil St, #17-08, Prudential Tower, Singapore 049712.

"Pada tanggal 8 September 2021, BSPL telah memperoleh Capital Market Services License - for dealing in capital markets products dari Monetary Authority of Singapore, yang berlaku sebagai izin usaha bagi BSPL berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Singapura," ungkap Mucharom, dikutip Senin (13/9/2021) di laman keterbukaan informasi BEI.


Dengan izin tersebut, maka BSPL secara resmi dapat melakukan kegiatan usahanya di bidang/sektor usaha pasar modal berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Singapura.

Mucharom melanjutkan, dampak pendirian anak usaha tersebut diharapkan akan memperkuat kapabilitas perseroan sebagai bank global dengan meningkatkan layanan akses internasional perusahaan melalui layanan keuangan komprehensif oleh perusahaan anak perseroan.

Seperti diketahui, rencana pendirian BNI Securities ini sudah masuk dalam rencana bisnis bank (RBB) perseroan pada tahun ini.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar sebelumnya mengatakan, rencana pendirian kantor BNI Sekuritas di Singapura tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nasabah korporasi BNI yang menghimpun pendanaan melalui pasar modal, terutama dengan target investor mancanegara.

"Saat ini kami mengembangkan beberapa rencana, antara lain dalam proses pendirian kantor BNI Sekuritas di Singapura, ini melengkapi solusi yang biasa dilakukan untuk nasabah korporasi kita," kata Royke, dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (29/1/2021).

Saat ini perseroan mempunyai anak usaha yang bergerak di perusahaan sekuritas melalui PT BNI Sekuritas didirikan pada tanggal 12 April 1995.

Mengacu situs perusahaan, pada awal pendiriannya, 99,85% saham PT BNI Sekuritas dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., dan sisanya sebesar 0,15% oleh Koperasi Karyawan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading