Kabar Baik! QRIS Bakal Bisa Digunakan di Singapura & Arab

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
03 September 2021 18:37
BRIsyariah Kampanyekan Transaksi Non Tunai Lewat QRIS. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan, layanan QRISĀ akan diperluasĀ antarnegara ke Singapura hingga Arab Saudi. Sebelumnya, BI sudah bekerja sama dengan Bank of Thailand untuk kerja sama pembayaran di Thailand.

Menurut Perry, BI nantinya akan bekerja sama dengan bank sentral Singapura hingga Arab Saudi untuk memfasilitasi perluasan layanan QRIS antarnegara. Hal ini juga untuk memudahkan warga Indonesia untuk bertransaksi di negara yang sudah bekerja sama dengan QRIS.

"QRIS nanti akan kita perluas dengan Singapura, Arab Saudi, sehingga nanti jemaah umroh bisa menggunakan QRIS untuk berbelanja di sana," katanya di acara Webinar Hari Pelanggan Nasional 2021, Jumat (3/9/2021).


Seperti diketahui pada 17 Agustus 2021 lalu BI telah telah merilis Standard Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan peluncuran pra resmi QRIS Antarnegara. Di Indonesia, pembayaran dengan QR Code dapat dilakukan melalui QRIS untuk bertransaksi barang dan jasa.

"Hadirnya QR Indonesia Standard (QRIS) memungkinkan interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran melalui satu standar QR code yang kini telah betul-betul digunakan untuk seluruh Indonesia. Sangat maju dan telah dilakukan uji coba antarnegara (cross border)," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi saat Opening Caremony Virtual JAKREATIFEST 2021, Senin (30/8/2021).

Rosmaya mengatakan, konsumen dan pedagang di kedua negara akan dapat melakukan dan menerima pembayaran QR lintas batas instan untuk barang dan jasa.

Tidak hanya Thailand, BI juga tengah mempersiapkan perluasan pilot project QRIS ini dengan Bank Negara Malaysia dan Singapura. Tujuannya, agar bisa melakukan uji coba Standar nasional QR code untuk QRIS dengan Malaysia dan Singapura.

Pembayaran berbasis QR Code antar negara ini dinilai lebih aman, karena nasabah tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Nasabah pun dapat berhemat karena tidak ada lagi biaya dan komisi seperti biaya kurs.

"Setelah dengan Thailand akan dengan Malaysia dan kemudian akan dengan Singapura. Adapun pada 2021 ini, BI menargetkan penggunaan QRIS akan mencapai 12 juta merchant yang didukung berbagai sinergi," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading