Bukan MU atau Juventus yang Cuan Jumbo dari Comeback Ronaldo

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
29 August 2021 10:20
Manchester United's Cristiano Ronaldo celebrates after scoring his second goal against Bolton during their English Premier League soccer match at Old Trafford Stadium, Manchester, England, Wednesday March 19, 2008. (AP Photo/Jon Super)   **NO INTERNET/MOBILE USAGE WITHOUT FOOTBALL ASSOCIATION PREMIER LEAGUE(FAPL)LICENCE. EMAIL info@football-dataco.com FOR DETAILS. **

Jakarta, CNBC Indonesia - Mega bintang dunia sepak bola Cristiano Ronaldo comeback alias "pulang kampung" ke klub yang membesarkan namanya, Manchester United alias The Red Devils.

Manajemen Manchester United mengonfirmasi telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk transfer megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Hal itu dikonfirmasi manajemen The Red Devils (Setan Merah) via laman resminya, Jumat (27/8/2021) malam WIB.

Seperti diketahui, Ronaldo pernah membela Setan Merah pada kurun waktu 2003-2009. Selama periode itu, dia tampil dalam 292 laga dengan raihan 118 gol.


Kembalinya Ronaldo tersebut langsung memberikan dampak instan ke pergerakan saham Manchester United. Pada perdagangan Jumat, saham Manchester United sempat meroket nyaris 10% ke US$ 19,09/saham, yang membuat kapitalisasi pasarnya melonjak menjadi US$ 293 juta. Penguatan tersebut kemudian terpangkas, tetapi tetap mengakhiri perdagangan Jumat dengan penguatan sekitar 6%.

Dengan bergabungnya Ronaldo, yang saat ini menjadi salah satu pemain bola terpopuler di media sosial, pamor klub sepak bola tertua di dunia tersebut bakal kembali moncer, karena bintang besar tersebut berpeluang menaikkan nilai brand perusahaan dan angka penjualan dari berbagai lini pemasukannya.

Setidaknya, itulah yang dipercayai publik pemegang saham yang membuat harga saham The Red Devils melesat.

Salah satu lini penjualan yang berpontensi mendongkrak pendapatan Setan Merah yakni jersey Ronaldo. Saat ia pindah dari dari Real Madrid ke Juventus di tahun 2018, penjualan jerseynya mencetat rekor yang fenomenal.

Menurut The Guardian, Juventus saat itu berhasil menjual sebanyak 520.000 jersey Ronaldo hanya dalam tempo 24 jam saja. Sebagai perbandingan, pada musim 2016/2017 Juventus total menjual 850.000 jersey semua pemainnya.

Saat itu, jersey Ronaldo yang paling murah dibanderol US$ 98,9 untuk anak-anak, kemudian US$ 110,6 untuk wanita, dan US$ 122,2 untuk pria. Yang paling mahal adalah jersey replica authentic yang dibanderiol US$ 160,1.

Dari rentang harga tersebut, rata-rata harga jersey Ronaldo di Juventus sebesar US$ 122,95. Artinya dengan terjual 520.000 jersey, total pendapatan dari penjualan selama 24 jam sekitar US$ 63 juta.

Tetapi, pendapatan tersebut tidak menjadi milik Juventus semua, malah porsi yang diterima klub yang bermarkas di Turin Italia tersebut cukup kecil. Penjualan jersey tersebut dinikmati produsennya, yakni Adidas, sementara Juventus hanya menerima 10% hingga 15% saja, artinya sekitar US$ 6 juta hingga US$ 9 juta.

Hal yang sama tentunya akan terjadi di Manchester United jika penjualan jersey Ronaldo melonjak. Yang bakal langsung untung jumbo bukan Man. United, tetapi lagi-lagi Adidas selaku produsen jersey Setan Merah.

Jersey Setan Merah sendiri tersedia mulai untuk bayi hingga authentic, dengan rentang harga di kisaran 37,95 poundstelring hingga yang termahal untuk versi authentic 99,95 poundsterling, berdasarkan situs resmi Man. United.

Untuk jersey Ronaldo sendiri masih belum diketahui, sebab ia identik dengan nomor punggung 7, sementara saat ini di Man. United nomor tersebut sudah digunakan oleh Edison Cavani.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading