Akhir Pekan Asing Koleksi BUKA-LPPF & Lepas BMRI-ARTO

Market - Chandra Dwi Pranata, CNBC Indonesia
27 August 2021 17:35
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditutup melemah pada perdagangan Jumat (27/8/2021) akhir pekan ini, karena sikap investor yang cenderung wait and see jelang puncak acara simposium Jackson Hole nanti malam.

Indeks bursa saham acuan nasional tersebut ditutup melemah 0,28% ke level 6.041,37. IHSG sempat bergerak menguat tipis pada awal perdagangan sesi I hari ini.

Namun hal tersebut hanya berlangsung sementara saja dan akhirnya IHSG tak mampu kembali ke zona hijau pada perdagangan sesi kedua hingga penutupan perdagangan hari ini.


Data perdagangan mencatat nilai transaksi hari ini kembali turun menjadi Rp 10,2 triliun. Namun, investor asing tercatat kembali melakukan aksi beli bersih (net buy) sebesar Rp 112 miliar di pasar reguler. Sebanyak 184 saham naik, 320 saham turun dan 145 lainnya mendatar.

Asing tercatat masih mengoleksi saham e-commerce PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) sebesar Rp 68 miliar. Saham BUKA sudah dikoleksi oleh asing dalam sepekan terakhir.

Selain di saham BUKA, asing tercatat mengoleksi dua saham perbankan yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Asing juga tercatat mengoleksi saham konsumer anak usaha Indofood, yakni PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), saham ritel fesyen PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF), dan saham menara telekomunikasi PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Berikut saham-saham yang dikoleksi oleh investor asing pada hari ini.

Net Buy Asing

Di lain sisi, asing juga tercatat melepas beberapa saham, di mana dua diantaranya merupakan saham perbankan berkapitalisasi pasar terbesar di atas Rp 100 triliun, yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Jago Tbk (ARTO).

Selain saham BMRI dan ARTO, asing juga melepas saham otomotif big cap PT Astra International Tbk (ASII), saham pertambangan batu bara PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan saham jasa rumah sakit (RS) Hermina, PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL).

Adapun saham-saham yang dilepas oleh investor asing pada hari ini adalah:

Net Sell Asing

Puncak acara pertemuan simposium tahunan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed), Jackson Hole akan dilaksanakan pada malam nanti secara virtual. Acara ini menghadirkan para bankir sentral dari seluruh dunia untuk membahas kebijakan moneter masing-masing negara.

Ketua The Fed, Jerome Powell akan menyampaikan pidato yang akan disiarkan langsung pada Jumat (27/8/2021) pukul 10.00 pagi waktu AS atau pukul 21:00 WIB.

Pidato berjudul "The Economic Outlook" itu diperkirakan menyinggung nasib program pembelian obligasi bulanan senilai US$ 120 miliar yang selama ini dijalankan The Fed.

Investor akan mendengarkan dengan cermat pidato Powell tersebut dan akan memantau kapan The Fed mungkin akan mulai meluncurkan program pengurangan pembelian obligasi atau tapering tersebut.

Namun sejauh ini, mereka memperkirakan bank sentral terkuat dunia tersebut tidak akan terburu-buru.

Ekspektasi tapering di tahun ini kembali meredup setelah Presiden bank sentral AS (The Fed) wilayah Dallas, Robert Kaplan, pada Jumat pekan lalu mengatakan akan mempertimbangkan kembali tapering dalam waktu dekat jika penyebaran virus corona (Covid-19) mengganggu pemulihan ekonomi AS.

Kaplan merupakan salah satu anggota The Fed yang hawkish atau pro pengetatan moneter.

Kini pelaku pasar terbelah, ada yang melihat tapering masih bisa dilakukan di tahun ini, namun sebagian lainnya melihat baru akan dilakukan tahun depan.

"Kami pikir investor akan menunggu untuk mendengar tapering dari Jerome Powell pada hari Jumat, sebelum kembali masuk ke aset-aset berisiko lagi, dan menjual dolar AS," tulis ahli strategi dari ING dalam catatan kepada nasabahnya yang dikutip CNBC International, Selasa (24/8/2021).

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading