Analisis Teknikal

Ada White Marubozu & PPKM Turun Level, IHSG Siap Melambung!

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
24 August 2021 08:02
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat 1,3% ke 6.109,82 awal pekan kemarin, dan peluang terus menanjak terbuka lebar pada perdagangan Selasa (24/8/2021). Sebab, kabar baik datang dari dalam dan luar negeri Senin kemarin saat perdagangan pasar saham sudah berakhir. 

Dari dalam negeri, pemerintah menurunkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4 menjadi level 3 di beberapa kabupaten di Jawa-Bali, termasuk Jabodetabek.

"Untuk pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah bisa berada pada level 3 mulai 24 Agustus 2021," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (23/8/2021).


Dengan penurunan tersebut tentunya ada beberapa pelonggaran lagi, yang bisa membuat roda bisnis berputar lebih kencang.

Kemudian dari luar negeri, bursa saham Amerika Serikat (Wall Street) kompak menguat setelah Badan Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) memberikan izin penuh penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech. Penguatan kiblat bursa saham dunia tersebut tentunya menambah sentimen positif ke IHSG hari ini.

Selain didukung fundamental yang sedang bagus, secara teknikal IHSG juga menunjukkan sinyal berlanjutnya penguatan setelah kembali berada di rerata pergerakan 50 hari (moving average 50/MA 50). Sehingga, IHSG kini bergerak di atas 3 MA yakni MA 50, 100, dan 200, yang memberikan potensi penguatan lebih lanjut.

jkse

Selain itu, IHSG juga membentuk pola White Marubozu. Suatu candle stick dikatakan membentuk pola White Marubozu ketika harga open sama dengan low dan close sama dengan high.

White Marubozu merupakan sinyal nilai suatu aset akan kembali menguat, secara psikologis menunjukkan aksi beli mendominasi pasar.

Resisten terdekat berada di kisaran 6.115, jika ditembus IHSG berpeluang menguat ke 6.150, sebelum menuju 6.180.

Sementara selama tertahan di bawah resisten, IHSG berisiko terkoreksi ke 6.070 hingga 6.060 yang merupakan MA 50.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PPKM Diperpanjang & Dilonggarkan, IHSG Siap Terbang!


(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading