Permintaan Yield Naik, Pemerintah Menangkan Lelang Rp 30 T

Market - Chandra Dwi, CNBC Indonesia
18 August 2021 18:20
Ilustrasi Obligasi (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan kembali melakukan lelang Surat Utang Negara (SUN) pada Rabu (18/8/2021) hari ini.

Surat berharga yang dilelang kali ini meliputi seri SPN03211118 (new issuance), SPN12220819 (new issuance), FR0090 (reopening), FR0091 (reopening), FR0088 (reopening), FR0092 (reopening), dan FR0089 (reopening) melalui sistem lelang Bank Indonesia.

Lelang SUN 18 Agustus 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SUN 18 Agustus 2021

Pada lelang hari ini, jumlah yang dimenangkan oleh pemerintah mencapai Rp 30 triliun, lebih rendah dari target indikatif yang ditentukan sebesar Rp 33 triliun.


Jumlah yang dimenangkan oleh pemerintah juga menurun dari lelang sebelumnya yang digelar pada 3 Agsutus lalu, yakni sebesar Rp 34 triliun.

Adapun penawaran yang masuk (incoming bids) pada lelang hari ini mulai mengalami penurunan menjadi Rp 77,1 triliun, di mana pada lelang sebelumnya pada 3 Agustus lalu mencapai Rp 107,8 triliun.

Walaupun mengalami penurunan, namun SUN seri FR0091 bertenor 10 tahun masih diburu paling banyak oleh investor pada hari ini, yakni mencapai Rp 25,2 triliun atau sekitar 33% dari total incoming bids lelang hari ini.

Mulai menurunnya target yang didapat oleh pemerintah dan total incoming bids pada lelang hari ini terjadi karena perekonomian Amerika Serikat (AS) yang mulai terindikasi pulih, ditandai dengan positifnya beberapa data ekonomi, inflasi, dan ketenagakerjaan pada periode Juli 2021.

Walaupun di AS kini juga sedang dihadapi oleh gelombang baru pandemi virus corona (Covid-19) akibat penyebaran varian Delta, namun hal itu tak mengurangi optimisme pasar.

Indikasi pengetatan kebijakan dan program pengurangan pembelian obligasi atau tapering juga menjadi sentimen negatif di pasar obligasi pemerintah.

Sementara itu dari dalam negeri, mulai melandainya kasus aktif Covid-19, terutama sebagian besar di kawasan Jawa-Bali juga mendorong investor untuk kembali mengoleksi aset berisiko, walaupun pergerakannya masih cenderung volatil.

Meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 masih berlangsung hingga 23 Agustus mendatang, namun investor mulai tak menanggapi serius akan hal itu, karena saat ini investor berfokus pada kondisi perekonomian global.

Oleh karena itu, walaupun jumlah yang dimenangkan oleh pemerintah dan total incoming bids mulai menurun, maka pemerintah memutuskan untuk tetap menerima hasil lelang SUN hari ini.

Adapun hasil lelang SUN pada hari ini adalah sebagai berikut

Lelang SUN 18 Agustus 2021Foto: DJPPR Kementerian Keuangan RI
Lelang SUN 18 Agustus 2021

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lelang SUN Makin Laris, Pesanan Membludak Capai Rp 78 T


(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading