ADHI Terima Rp 521 M Pembayaran Proyek LRT dari Pemerintah

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
18 August 2021 09:35
LRT Jabodebek (20detik/Tri Aljumanto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten konstruksi BUMN, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) memperoleh pembayaran senilai Rp 520,5 miliar dari pemerintah melalui PT Kereta Api Indonesia (Persero). Ini merupakan pendanaan kedelapan untuk pekerjaan proyek LRT Jabodebek fase I.

Pembayaran ini dilakukan berdasarkan progres pekerjaan dari bulan Juli sampai dengan September 2020. Dengan demikian, secara keseluruhan, ADHI telah menerima pembayaran atas pembangunan prasarana LRT Jabodebek senilai Rp 13,8 triliun.

"Pembayaran ini akan meningkatkan likuiditas dan memperkuat arus kas operasi ADHI yang juga mendukung penyelesaian pembangunan LRT Jabodebek Fase I," kata Corporate Secretary ADHI, Farid Budiyanto dalam siaran pers, Rabu (18/8/2021).


Ke depannya, kata Farid, ADHI akan terus melakukan upaya percepatan pembayaran khususnya dari proyek-proyek besar untuk tetap menjaga postur keuangan ADHI semakin baik dan kuat.

Sampai dengan awal Agustus 2021, progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek Tahap I telah mencapai 86,57%.

Rinciannya, progres pembangunan lintas 1 Cawang-Cibubur sudah mencapai 93,88%. Lintas 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 86,87%. Selanjutnya, lintas 3 Cawang-Bekasi Timur 91,58% dan lintas 4 Depo Bekasi Timur progresnya sudah mencapai 51,97%.

LRT Jabodebek direncanakan beroperasi pada pertengahan tahun 2022 dan diharapkan mampu menambah kemudahan aksesibilitas di area Jabodebek.

Selain itu, dengan beroperasinya LRT Jabodebek membuka terciptanya one stop living lifestyle, dengan terpenuhinya kebutuhan transportasi dan akomodasi dalam satu kawasan.

Konsep ini didukung oleh keberadaan anak usaha ADHI, PT Adhi Commuter Properti dengan menciptakannya kawasan Transit Oriented Development (TOD) atau kawasan hunian yang terintegrasi dengan stasiun-stasiun LRT Jabodebek.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading