Didominasi Milenial, Investor Pasar Modal Capai 5,8 juta

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
10 August 2021 12:05
Warga mempelajari platform investasi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (24/11/2020). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di masa pandemi Covid-19, jumlah investor pasar modal di tanah air terus bertumbuh. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, sampai dengan Juli 2021, investor pasar modal sudah mencapai 5,82 juta.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, jumlah itu meningkat 93% secara tahunan yang didominasi oleh investor ritel milenial, atau yang berusia kurang dari 30 tahun.

"Pertumbuhan investor tersebut mencapai dua kali lipat sejak awal pandemi dimana hal ini mencerminkan tingginya optimisme investor terhadap pasar modal Indonesia," kata Wimboh, di acara peringatan HUT 44 Tahun Pasar Modal secara virtual, Selasa (10/8/2021).


Seperti diketahui, pandemi Covid 19 menyebabkan mobilitas masyarakat terbatas sehingga terjadi penurunan konsumsi di masyarakat dan berdampak meningkatnya disposable income yang mengendap dalam bentuk simpanan di perbankan. Selain itu, kebijakan fiskal dan moneter juga turut meningkatkan likuiditas di pasar.

Implikasi dari kebijakan dimaksud, lanjut Wimboh, membuat masyarakat memiliki dana berlebih yang siap untuk diinvestasikan. Masyarakat kemudian mencari alternatif investasi lain yang memberikan return lebih tinggi, salah satunya instrumen pasar modal.

"Peningkatan jumlah investor ritel tersebut juga merupakan hasil dari transformasi digital yang menjadi kunci utama bagi pendalaman basis investor di pasar modal," katanya.

Sementara itu, industri pasar modal masih dalam kondisi yang stabil di tahun 2021. IHSG hingga 9 Agustus 2021 tercatat menguat ke level 6.127,46 atau tumbuh 2,48% (ytd) dengan aliran dana non-residen tercatat masuk sebesar Rp 18,24 triliun secara tahunan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kuantitas vs Kualitas Investor Indonesia


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading