Cek Gaes Daftar Terbaru Orang Terkaya RI, Real Time!

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
28 July 2021 07:00
R. Budi Hartono

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar isi di balik 'dompet' para miliarder memang bisa menarik rasa ingin tahu para investor. Apalagi Forbes selalu memperbaharui daftar orang-orang terkaya alias crazy rich di dunia melalui 'The World's Real-Time Billionaires'. yang datanya realtime.

Di dunia, bos e-commerce Amazon Jeff Bezos masih berada di urutan pertama dengan kekayaan US$ 211,4 miliar atau setara dengan Rp 3.065 triliun (kurs Rp 14.500/US$) dan sehari bertambah US$ 2,2 miliar atau Rp 32 triliun.

Data ini diakses realtime pada Selasa malam (27/7) pukul 19.24 WIB, di situs resmi Forbes.


Di Indonesia, sejumlah nama yang sudah tidak asing lagi mengisi daftar crazy rich ini. Ada kakak beradik pemilik perusahaan rokok Djarum dan pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang tetap mempertahankan posisinya sebagai orang kaya nomor satu dan dua di Tanah Air yakni Hartono bersaudara.

Adapun The World's Real-Time Billionaires merupakan daftar yang diperbaharui setiap hari dengan melacak naik turunnya kekayaan miliarder di seluruh dunia.

Berikut update daftar 10 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes 'The World's Real-Time Billionaires', yang diakses Selasa malam (27/7).

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dan posisi ke 102 orang terkaya di dunia. Total kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai US$ 18,3 miliar atau Rp 266,8 triliun.

Dalam sehari kekayaannya naik US$ 106 juta (Rp 1,54 triliun), meskipun demikian kekayaan Budi turun jika dibandingkan dengan dari posisi awal pada daftar orang terkaya 2021 dengan kekayaan mencapai US$ 20,5 miliar (Rp 297,25 triliun).

Perolehan kekayaannya didapatkan melalui perbankan dan rokok. Seperti diketahui, Budi bersama kakaknya Michael Bambang Hartono adalah pemilik perusahaan rokok Djarum dan juga pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BBCA).

Hartono bersaudara membeli saham BCA dari Salim Group, tahun 1997-1998 saat krisis ekonomi Asia terjadi.

2. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono menjadi orang terkaya di urutan kedua di Indonesia, menyusul adiknya Robert Budi Hartono di posisi pertama. Sedangkan di daftar crazy rich dunia ia berada di posisi 108.

Total kekayaannya mencapai US$ 17,6 miliar (Rp 256,65 triliun), turun dari total kekayaan yang tercatat di daftar orang terkaya 2021 sebesar US$ 19,7 miliar atau Rp 285,65 triliun. Sama halnya seperti sang adik, pundi-pundi yang didapatkan Michael berasal dari rokok dan perbankan.

Dalam sehari kekayaannya bertambah sebesar US$ 101 juta atau setara Rp 1,46 triliun. Michael Bambang Hartono juga dikenal sebagai atlet Bridge yang menyumbangkan medali perunggu di Asian Games 2018.

3. Sri Prakash Lohia

Di urutan ketiga dan 461 dunia terdapat nama Sri Prakash Lohia, miliarder pendiri perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation (PT Indorama Syntetics Tbk/INDR), yang lahir di Kolkata, India dengan kekayaan sebesar US$ 6,2 miliar atau setara Rp 91,35 triliun.

Secara harian terjadi penurunan US$ 68 juta (Rp 896 miliar) dalam kekayaannya. Kekayaannya mengalami penurunan dari semula sebesar US$ 6,5 miliar (Rp 94,25 triliun).

4. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu menduduki posisi keempat orang terkaya di Indonesia dan orang terkaya nomor 514 di dunia. Total kekayaannya saat ini mencapai US$ 5,6 miliar atau Rp 81,2 triliun.

Meski memperoleh peningkatan kekayaan terbesar secara harian, kekayaan pria berusia 77 tahun ini turun signifikan dibandingkan dengan daftar orang terkaya tahun 2021 lalu yang tercatat US$ 6,5 miliar atau Rp 94,25 triliun. Perubahan harta ini tidak mengubah posisinya dan tetap menjadi orang terkaya nomor empat di Indonesia.

Prajogo membangun perusahaan publik PT Barito Pacific Tbk (BRPT), sebelumnya Pacific Lumber, pada 1993. Di 2007, ia mengakuisisi perusahaan petrokimia Chandra Asri yang kemudian merger dengan Tri Polyta Indonesia.

Perusahaan ini kini menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Di 2015, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) bekerjasama dengan Michelin, pabrikan ban asal Prancis, di Indonesia.

Sehari kekayaan naik US$ 312 juta atau setara Rp 4,52 triliun.

NEXT: Ada Jerry Ng, CT, hingga Lippo

Ada Jerry Ng, CT, hingga Lippo
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading