Update Taipan RI! 10 Hari, Duit Bos Batu Bara Ini Naik Rp13 T

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
30 September 2021 11:10
Low Tuck Kwong (Ist Forbes.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes yang fokus menghitung duitnya para miliarder dunia merilis data The World's Real-Time Billionaires yang merupakan daftar yang diperbaharui setiap hari dengan melacak naik turunnya kekayaan miliarder di seluruh dunia.

Berdasarkan data yang diakses Kamis pagi (30/9), terungkap beberapa nama lama tetap bercokol sebagai orang paling tajir di Nusantara ini.

Dalam daftar tersebut juga terdapat taipan yang berbisnis batu bara.


Meningkatnya kekayaan taipan batu bara merupakan akibat dari melonjak harga komoditas tersebut yang kini telah menembus US$ 200 per ton yang memompa kinerja saham emiten milik sang taipan.

Tercatat dalam sehari terakhir penambahan kekayaan terbesar dibukukan oleh pengusaha tambang batu bara. Bahkan dalam 10 hari, kekayaan bos batu bara ada yang naik hingga Rp 13 triliun, fantastis.

Adapun di dunia, bos Tesla Elon Musk nangkring di posisi pertama dengan kekayaan US$ 201,1 miliar atau setara dengan Rp 2.875 triliun (kurs Rp 14.300/US$) mengungguli pendiri e-commerce Amazon Jeff Bezos yang berada di urutan kedua

Di Indonesia, nama kakak beradik pemilik perusahaan rokok Djarum dan pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) masih mempertahankan posisinya sebagai orang kaya nomor satu dan dua di Tanah Air, yakni Hartono bersaudara.

Berikut update daftar 11 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes 'The World's Real-Time Billionaires', yang diakses Kamis pagi (28/7), pukul 09.00 WIB.

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia dan posisi ke 96 orang terkaya di dunia. Total kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai US$ 19,8 miliar atau Rp 283,14 triliun.

Budi bersama kakaknya Michael Bambang Hartono adalah pemilik perusahaan rokok Djarum dan juga pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BBCA).

Hartono bersaudara membeli saham BCA dari Salim Group, tahun 1997-1998 saat krisis ekonomi Asia terjadi. Namun pada Rabu malam, dalam sehari kekayaannya turun sebesar US$ 123 juta atau Rp 1,78 triliun.

2. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono menjadi orang terkaya di urutan kedua di Indonesia dan posisi 101 dunia, menyusul adiknya Robert Budi Hartono di posisi pertama.

Total kekayaannya mencapai US$ 19,1 miliar (Rp 256,65 triliun), turun dari total kekayaan yang tercatat di daftar orang terkaya 2021 sebesar US$ 19,7 miliar atau Rp 273,13 triliun. Sama halnya seperti sang adik, pundi-pundi yang didapatkan Michael berasal dari rokok dan perbankan.

3. Sri Prakash Lohia

Di urutan ketiga dan 461 dunia terdapat nama Sri Prakash Lohia, miliarder pendiri perusahaan petrokimia dan tekstil, Indorama Corporation (PT Indorama Syntetics Tbk/INDR), yang lahir di Kolkata, India dengan kekayaan sebesar US$ 6,6 miliar atau setara Rp 91,35 triliun.

4. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu menduduki posisi keempat orang terkaya di Indonesia dan orang terkaya nomor 488 di dunia. Total kekayaannya saat ini mencapai US$ 6,0 miliar atau Rp 85,8 triliun.

Prajogo adalah pemilik PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

5. Chairul Tanjung

Di posisi kelima ada Chairul Tanjung yang pundi-pundi kekayaannya tercatat US$ 4,1 miliar atau Rp 58,63 triliun. Di dunia CT masuk urutan nomor 778.

Chairul Tanjung merupakan pemilik CT Corp dengan sejumlah diversifikasi bisnis. Beberapa perusahaan yang menjadi portofolio investasi CT Corp di antaranya PT Bank Mega Tbk (MEGA), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA), Trans Resort Bali, CT Agro, Transmedia, dan The Trans Luxury Hotel Bandung.

NEXT: Ada Jerry Ng, Tahir hingga Djoko Susanto

Tahir hingga Djoko Susanto
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading