Review Kuartal I-2021

Tol Tutup Efek PPKM Darurat, Ini Fakta Kinerja JSMR-META-CMNP

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
14 July 2021 12:10
Ratusan kendaraan mobil melintas diruas jalan tol Cawang-Grogol, Jakarta, Rabu 23/12. Pantauan CNBC Indonesia terlihat kepadatan kendaraan sejak pukul 15.00 wib. Kawasan jalan tol pondok gede Timur dua juga terlihat ramai lancar. Menjelang libur Natal 2020, sebanyak 842.000 kendaraan diprediksi meninggalkan wilayah DKI Jakarta dengan berbagai tujuan melalui tol Jasa Marga . Jumlah kendaraan itu akan mulai tercatat sejak Kamis 24 Desember hingga Minggu 27 Desember 2020. Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Pratomo Bimawan Putra menjelaskan, puncak arus lalu lintas keluar Jabotabek pada Libur Natal 2020 diprediksi terjadi pada Kamis, 24 Desember 2020.”Puncak arus lalu lintas kembali menuju Jakarta terjadi pada Minggu 27 Desember 2020,” katanya, Rabu (23/12/2020) (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir memaksa pemerintah untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Jawa-Bali yang berlaku mulai 3-20 Juli 2021.

Akses keluar masuk ke berbagai wilayah terus dibatasi, mulai dari penyekatan ruas jalan nasional hingga penutupan gerbang tol.

Penutupan gerbang tol yang dilakukan di berbagai kota tentu akan berimbas pada kinerja keuangan emiten pengelola jalan tol.


Emiten tol terbesar, PT Jasa Marga Tbk (JSMR), tercatat telah menutup 9 akses gerbang tol di wilayah Jakarta, sedangkan BUMN PT Hutama Karya (Persero) lewat anak usahanya ikut menutup 2 gerbang tol di Jakarta.

Penutupan ini tentu dilaksanakan demi menurunkan laju penyebaran virus yang hingga Selasa lalu (13/7) kembali mencetak rekor kasus positif sebanyak 47.899 pasien baru dan memimpin pertambahan kasus harian Covid-19 Dunia.

Imbas penerapan PPKM saat ini tentu masih belum bisa dilihat setidaknya hingga dirilisnya laporan kinerja kuartal ketiga.

Akan tetapi penurunan keramaian lalu lintas keluar masuk jalan tol akibat situasi pandemi sudah dirasakan dari tahun lalu hingga awal tahun ini.

Hal ini tercermin dari kinerja keuangan tiga emiten jalan tol yang mengalami penurunan kinerja keuangan sepanjang triwulan pertama tahun 2021.

Berikut ini ikhtisar kinerja keuangan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) yang telah dirangkum oleh Tim Riset CNBC Indonesia

NEXT: Simak ulasan JSMR, META dan CMNP

Intip Kinerja Q1 JSMR-META dan CMNP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading