Muncul Kaesang & Raffi Ahmad di 'Nikahan' BANK-AMRT, Ada Apa?

Market - Putra, CNBC Indonesia
07 July 2021 11:38
Anthony Pradiptya & Kaesang/Dok GK Hebat

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) akan berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan Halodoc. Kerja sama ini terungkap dalam acara "The Future of Banking: Achieving Financial Inclusion in Indonesia" yang dilaksanakan Rabu ini (7/7).

Ternyata di acara tersebut muncul putra bungsu Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan artis Raffi Ahmad. Kaesang diperkenalkan sebagai Direktur klub sepak bola Persis Solo, sedangkan Raffi Ahmad dari Rans Entertainment.

Belum diketahui secara pasti apa kepentingan kehadiran keduanya. Tapi yang menarik, mitra bisnis Kaesang yakni Anthony Pradiptya, merupakan pemilik dan pengendali dari PT Alphaplus Adhigana Asia yang menjadi salah satu pemegang saham minoritas BANK, sebagaimana disebut dalam prospektus bank yang dulu bernama Bank Net Syariah Indonesia ini.


Alphaplus adalah perusahaan jasa dengan pemegang saham yakni PT Sinergi Optima Solusindo 60%, Simon Subrata 35% (mantan partner di EY) dan Andi Gunawan 5% (mantan partner di Kendall Court ESG Capital Asia, dan Cambridge Fund).

Anthony Pradiptya/Gan KapitalFoto: Anthony Pradiptya/Gan Kapital
Anthony Pradiptya/Gan Kapital

Antnohy merupakan partner dari Kaesang di bisnis GK Hebat, perusahaan induk yang berkantor di Generali Tower, Jakarta Selatan, yang membawahi sejumlah bisnis di antaranya Sang Pisang, Yang Ayam, Ternakopi, Siap Mas, Let's Toast, dan Enigma Camp.

Anthony masuk ke Bank Net Syariah lewat 'kendaraan' PT Gan Kapital. Mayoritas saham Alphaplus dipegang PT Sinergi Optima Solusindo, dan mayoritas saham Sinergi Optima dimiliki Gan Kapital, sementara Anthony punya 45% saham Gan Kapital.

Pemegang saham terakhir Bank Net Syariah/Prospektus IPOFoto: Pemegang saham terakhir Bank Net Syariah/Prospektus IPO
Pemegang saham terakhir Bank Net Syariah/Prospektus IPO

Di jajaran direksi Gan Kapital, situs resmi mencatat, nama Anthony Pradiptya Gan sebagai CEO, Edwin Prasetya Gan sebagai Chief Operation Officer (COO), dan Wesley Harjono sebagai Chief Financial Officer (CFO).

Anthony, yang baru 34 tahun ini adalah putra Gandi Sulistiyanto, Managing Director Sinarmas Grup, yang kini akan mengikuti fit and proper test di DPR untuk menjadi Dubes RI di Korea Selatan ini.

Situs resminya menjelaskan, Gan Kapital adalah perusahaan konsultasi bisnis yang melayani kebutuhandigital venture, energi, dan sebagainya.

Anthony lahir dan besar di Jakarta. Dia kembali ke Jakarta setelah mendapatkan gelar master di Australia. Dia pernah bergabung denganprivate equityyang menggarap Pembangkit Listrik 2x150 MW di Sumatera Selatan.

Sementara itu, Edwin menyelesaikan sarjana di Monash University, Australia di bidang pemasaran sejak 2011.

Adapun Welsey juga merampungkan bachelor science di bidang administrasi bisnis di GS Fame Business Institute of Philippines, setelah itu bergabung di Bank Sinarmas sebagaiHead of Treasury Departement.

Sebagai informasi, Alphaplus hanya memegang minoritas saham bank eks Maybank Syariah ini. Data laporan keuangan Maret 2021 mencatat PT NTI Global Indonesia pegang 60,55% dan sisanya publik 39,45%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading