Internasional

Perdana! Goldman Sachs Transaksi Repo Blockchain via JPMorgan

Market - chd, CNBC Indonesia
24 June 2021 07:00
The Goldman Sachs logo is displayed on a post above the floor of the New York Stock Exchange, September 11, 2013. REUTERS/Lucas Jackson

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank investasi asal Amerika Serikat (AS), Goldman Sachs telah melakukan perdagangan repo (repurchase agreements/gadai) pertamanya menggunakan jaringan blockchain pribadi JPMorgan pada Selasa (22/6/2021).

Menurut laporan dari Bloomberg, perdagangan awal dilakukan oleh Goldman pada 17 Juni menggunakan 'token' dari obligasi pemerintah AS (US Treasury) yang ditukar dengan JPMCoin. Penyelesaian transaksi tersebut membutuhkan waktu hingga 3 jam, 5 menit.

JPMCoin adalah koin digital dengan tipe stablecoin yang perbandingannya dengan dolar AS sebesar 1:1.


"Kami melihat hal ini sebagai momen penting untuk digitalisasi aktivitas transaksi keuangan," kata Mathew McDermott, Head of Digital Global Goldman Sachs, dikutip dari CoinDesk.

Repurchase agreement atau repo pada prinsipnya dalam dunia keuangan adalah transaksi jual beli instrument efek antara dua belah pihak yang didasari dengan perjanjian di mana pada tanggal yang telah ditentukan di kemudian hari akan dilaksanakan pembelian kembali atas efek yang sama dengan harga tertentu yang telah disepakati.

Transaksi repo merupakan transaksi yang berlandaskan adanya suatu perjanjian.

McDermott mengatakan pengembangan blockchain adalah manfaat yang besar dan penting bagi pasar repo, saat ini bernilai lebih dari US$ 4,6 triliun secara global, mengingat bagaimana repo berfungsi dengan agunan dan uang tunai dipertukarkan secara bersamaan.

"Kami membayar bunga dari repo tersebut per menit, dan kami dengan tegas berpikir ini akan mengubah sifat investor di pasar intraday." " kata McDermott, dilansir dari CoinDesk.


[Gambas:Video CNBC]

(chd/chd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading