Dirut BRI Pastikan Transaksi di ATM Link Gratis

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
14 June 2021 18:40
Bank BRI (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama BRI sekaligus Ketua Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), Sunarso, kembali buka suara mengenai penyesuaian biaya di ATM Merah Putih atau ATM Link.

Sunarso menegaskan, pada dasarnya setiap bank mengenakan biaya tarik tunai dan cek saldo di setiap transaksi yang dilakukan di ATM lain. Hanya bank yang tergabung dalam Himbara yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk( BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), yang tidak mengenakan biaya.

"Sesungguhnya, semua bank mengenakan biaya itu, hanya ATM Link Himbara yang tak mengenakan itu dari mulai diperkenalkan," ujarnya saat rapat bersama DPR Komisi VI di Jakarta, Senin (14/6/2021).


Sunarso mencontohkan, jika nasabah yang memegang kartu BRI dan menggunakan ATM milik BNI, sampai saat ini gratis alias tak ada biaya. Meskipun, jika hal ini terjadi di perbankan lainnya maka akan otomatis dikenakan biaya.

"Cek saldo juga kena biaya. Itu yang kemarin mau kita normalkan. Gimana cara supaya tidak kena biaya? Kalau kartunya BRI cari ATM BRI," ujarnya.

Sayangnya menurut Sunarso polemik yang beredar lebih seru dibandingkan manfaat kecil yang bisa dirasakan oleh Himbara. Manfaat di sini adalah bagaimana nasabah bisa beralih dari transaksi offline menggunakan mobile banking.

"Tapi rasanya polemiknya lebih seru daripada manfaat kecil oleh bank, untuk mengedukasi orang ke Mobile banking. Kami berempat (Bank Himbara) sepakat tak akan mengenakan biaya itu," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading