Satu Lagi dari Multipolar, Mau Buyback Maksimal Harga Rp 720

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
10 June 2021 09:06
Doc.Multipolar/via Detik

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten Grup Lippo, PT Multipolar Tbk (MLPL), mengumumkan rencana pembelian kembali saham atau buyback maksimal senilai Rp 425 miliar.

Berdasarkan prospektus yang dipublikasikan perseroan di media massa, pembelian kembali saham perseroan tersebut setara 10% dari jumlah modal disetor dan ditempatkan perseroan atau sebanyak-banyaknya 1.463.963.247 saham.

"Pembelian kembali saham akan dilaksanakan perseroan setelah memperoleh persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang akan dilaksanakan pada Senin, 19 Juli 2021," ungkap MLPL, Kamis (10/6/2021).


Adapun, periode pelaksanaan buyback akan dilaksanakan paling lama 18 bulan sejak perolehan persetujuan Rapat. MLPL menyebutkan harga maksimal buyback adalah Rp 720 per saham.

"Perseroan memandang bahwa harga saham perseroan saat ini belum mencerminkan nilai/kinerja perseroan yang sesungguhnya, terutama dengan mempertimbangkan potensi nilai perseroan di masa yang akan datang," tulis MLPL.

Seperti diketahui, induk dari perusahaan pengelola Hypermart, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) ini mencatatkan rugi bersih per saham sebesar Rp 54 per 31 Desember 2020. Sementara itu, proforma rugi bersih per saham jika buyback jadi digelar adalah Rp60 per saham. Perseroan memang belum melaporkan kinerja keuangan per tiga bulan pertama tahun ini.

Seperti diketahui, BEI masih melakukan penghentian sementara perdagangan saham Multipolar. Otoritas bursa melakukan suspensi atas saham MLPL pada sesi pertama perdagangan Selasa kemarin (8/6/2021), di pasar reguler dana pasar tunai.

Kebijakan untuk menghentikan sementara perdagangan ini disebabkan karena telah terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham perusahaan milik grup Lippo tersebut.

"Bursa menghimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan," tulis surat yang ditandatangani oleh P.H Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Endra Febri Styawan dan P.H Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Yayuk Sri Wahyuni, dikutip Selasa (8/6/2021).

Untuk diketahui, saat ini saham MLPL berada pada harga Rp 675/saham setelah pada perdagangan Senin (7/6/2021) kemarin ditutup menguat 17,39%. Dalam sepekan terakhir saham ini sudah menguat 41,21%. Sedang dalam enam bulan terakhir saham ini sudah menguat hingga 850,70%.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading