Jreng! Diam-diam Grup Lippo Suntik Ruangguru Rp 700 M

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
27 May 2021 09:27
Dok.Ruangguru

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten holding Grup Lippo, PT Multipolar TBK (MLPL) mengakui telah berinvestasi di perusahaan startup edukasi Ruangguru dengan nilai investasi mencapai Rp 700 miliar.

Dengan demikian platform edukasi teknologi itu kini resmi menjadi salah satu portofolio dari Grup Lippo setelah sebelumnya Lippo sudah memiliki OVO, Mbiz, Linknet, Matahari, Hypermart, Bank Nobu, dan beberapa lainnya.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Presiden Direktur MLPL Adrian Suherman dan Direktur Agus Arismunandar mengatakan nilai investasi perusahaan sudah mencapai Rp 700 miliar.


Perseroan melalui anak perusahaan, PT Nusa Jaya Cipta juga telah berinvestasi di Ruangguru kurang lebih Rp 21 miliar dengan persentase kepemilikan saham 3,38%.

"Ruangguru adalah salah satu investasi perseroan di bidang digital startup. Kami percaya investasi ini [Rp 700 miliar] akan menghasilkan imbal balik yang baik, yang akan kami sampaikan pada waktunya," tulis keduanya di keterbukaan BEI, dikutip Kamis (27/5/2021)/

Meski begitu, Adrian menegaskan bahwa MLPL bukan merupakan pihak pengendali Ruangguru. Dengan investasi yang dilakukan, dia yakin tidak akan terdampak pada operasional dan kinerja keuangan perseroan.

"Tidak terdapat dampak atas kinerja operasional dan kinerja keuangan perseroan atas investasi di Ruangguru. Saat ini tidak terdapat pihak dari perseroan yang menjabat sebagai pihak manajemen kunci di Ruangguru," imbuhnya.

Ke depan, kata Adrian, pihaknya akan terus mengevaluasi setiap investasinya untuk mengkaji peluang monetisasi ataupun penambahan investasi.

Sementara itu, ke depan, tulis keduanya, MLPL yang juga menjadi induk dari PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) alias pengeloal Hypermart ini terus akan mengantar Ruangguru hingga menyandang status unicorn.

"Saat ini perseroan tidak memiliki informasi/fakta/kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi harga efek perseroan serta kelangsungan hidup perseroan yang belum diungkapkan kepada publik," tulis keduanya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading