Pertamina Rampingkan Anak Usaha dari 127 Jadi 12

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 May 2021 19:28
Pertamina (Dok.Pertamina)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan energi pelat merah PT Pertamina (Persero) sudah merampingkan 127 anak usaha menjadi hanya 12 perusahaan saja sejak 10 bulan terakhir. Hal ini sejalan dengan restrukturisasi dan pembentukan Pertamina menjadi holding energi.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, saat ini Pertamina hanya memiliki 12 anak usaha yang bisnisnya terintegrasi dari hulu hingga hilir. Anak usaha ini dibagi dalam kelompok subholding yang ditujukan untuk memfokuskan bisnisnya di lini masing-masing.

"Juni 2020 membentuk lima subholding lainnya, sehingga di bawah Pertamina ada enam subholding. Jadi, tadinya 127 anak perusahaan, sekarang dengan struktur baru ada 12. Jadi dari sini terjadi stream lining, sehingga kita pun lebih mudah dalam melakukan pengelolaan dan menyusun rencana strategis untuk seluruh bisnis Pertamina grup," jelas Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (20/5/2021).


Nicke menjelaskan bahwa perampingan ini membuat Pertamina sebagai holding lebih mudah melakukan kontrol atas bisnis anak usahanya di mana bisnis sesuai dengan sektornya masing-masing akan dijalankan anak usaha, sedangkan sebagai holding Pertamina akan berfokus pada pengembangan bisnis.

"Selain itu, dengan kita memfokuskan masing-masing subholding ke satu bisnis saja, ini menjadi fokus dan ada risiko bisnis terisolir, sehingga ketika ada permasalahan ini akan terpaku di sana dan fleksibilitas karena kami kemudian memberikan kewenangan yang utuh ke masing-masing subholding ini dalam menjalankan kegiatan bisnisnya," terang dia.

"Jadi, peran holding ini lebih ke bagaimana kita melakukan strategic planning and monitoring dan masuk ke bisnis baru," lanjutnya.

Saat ini Pertamina memiliki enam subholding, yaitu:
1. Upstream Subholding yang dioperasikan PT Pertamina Hulu Energi
2. Refining & Petrochemical Subholding yang dioperasikan PT Kilang Pertamina Internasional
3. Commercial & Trading Subholding yang dioperasikan PT Pertamina Patra Niaga
4. Gas Subholding yang dioperasikan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)
5. Power & New Renewable Energy Subholding yang dioperasikan PT Pertamina Power Indonesia.
6. Shipping Subholding yang dioperasikan PT Pertamina International Shipping.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading