Pertamina Resmikan 6 Subholding Usaha, Restrukturisasi Tuntas

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
10 September 2021 19:00
Pertamina Go Global, Kinerja Pertamina Mulai Dari Lapangan Minyak, Ekspor Produk hingga Bisnis Pelumas di Mancanegara Positif

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) meresmikan pembentukan enam subholding usahanya yang ditandai dengan penandatanganan sejumlah dokumen legal (legal end-state).

Penandatangan ini sekaligus menunjukkan selesainya proses restrukturisasi di internal Pertamina.

Enam subholding yang dimaksud adalah Subholding Upstream, Subholding Refining dan Petrochemical, Subholding Commercial and Trading, Subholding Gas, Subholding Integrated Marine Logistics, dan Subholding Power and New Renewable Energy.


Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, saat ini Pertamina telah terbagi dalam enam subholding yang akan membantu perusahaan untuk bisa menjadi pemain energi dunia dengan valuasi US$ 100 miliar.

"Pertamina sebelumnya diibaratkan sebagai kapal induk besar, yang harus mengarungi samudera secara mandiri. Kini, Pertamina telah membangun enam kapal kecil tangguh bernama Subholding, yang siap mengarungi samudera yang berbeda untuk mencapai target bersama menjadi Global Energy Champion dengan nilai pasar US$ 100 miliar," tutur Nicke, dikutip dari Instagram resmi @pertamina, Jumat (10/9/2021).

Peresmian ini dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN 1 Pahala N Mansury, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama.

Untuk diketahui, pembentukan subholding ini telah dimulai sejak 2018 dengan pembentukan Subholding Gas, lalu restrukturisasi dilanjutkan dengan pembentukan 5 subholding lainnya yaitu Subholding Upstream, Commercial & Trading, Refining & Petrochemical, PNRE serta Shipping, yang dimulai sejak Juni 2020 dan berhasil diselesaikan pada 1 September 2021.

Pembentukan holding ini ditujukan agar Pertamina bisa melakukan pengelolaan portofolio dan sinergi bisnis sehingga diharapkan dapat mempercepat pengembangan bisnis baru, serta menjalankan program-program nasional.

Sementara subholding akan menjalankan peran untuk mendorong operational excellence dengan mempercepat pengembangan bisnis dan kapabilitas bisnis existing serta meningkatkan fleksibilitas dalam kemitraan dan pendanaan yang lebih menguntungkan perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading