Acha...acha! Hary Tanoe Ekspansi Bisnis AI ke India

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
20 May 2021 09:30
Hary Tanoesoedibjo/dok MNC

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan milik taipan Hary Tanoesoedibjo, MNC Grup melakukan ekspansi bisnis digital dengan membangun kantor pusat kecerdasan buatan (artificial intelligence) di New Delhi, India.

Ekspansi bisnis tersebut sejalan dengan rencana Grup MNC menjadi pemain ekonomi digital berskala global.

"MNC Group membangun kantor di New Delhi, India khusus handle AI," ujar Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).


Kantor pusat tersebut akan diperkuat sumber daya manusia yang mumpuni dengan jam terbang tinggi, satu di antaranya, yaitu Abhishek Tiwari. MNC Grup mendapuk Abhishek Tiwari sebagai Deputy Chief Technical Officer. Kehadiran Abhishek diharapkan akan memperkuat pusat AI milik MNC Grup di India.

Ia tercatat memiliki pengalaman 10 tahun di bidang software, penyandang gelar magister Ilmu Kompiter dari UP Technical University, India dan telah bekerja di bidang AI untuk perusahaan teknologi informasi dan juga institusi keuangan kelas dunia.

Abhishek mengawali karier di Tata Consultancy Services sebagai software engineer. Kemudian, Abhishek tercatat pernah bekerja sebagai software engineer di Credit Agricole, Citibank, Taiger Singapura. Terakhir sebelum bergabung deangan MNC Group, Abhishek berkarier di AlgoTrader, Singapura.

Sebagai informasi, MNC Group telah menyiapkan strategi dan menjalankan roadmap untuk transformasi digital di berbagai lini usahanya, baik di bidang finansial yang dipimpin PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), properti (PT MNC Land Tbk/ KPIG) dan media (PT Media Nusantara Citra Tbk/ MNCN). Adapun, AI mendorong seluruh lini bisnis tersebut siap menjadi raksasa di bidangnya masing-masing.

Di bidang jasa keuangan, Motion Digital, digital banking PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) saat ini tengah menyiapkan bank digital yang bakal jadi raksasa di Tanah Air, dengan target minimal 30 juta nasabah pada 5 tahun pertamanya. Motion Digital akan mengoptimalkan konversi lebih dari 200 juta userbase MNC Group menjadi nasabahnya.

"Seluruh userbase MNC Group, termasuk televisi, portal dan media sosial mencapai lebih dari 200 juta userbase," kata Hary Tanoe.

Motion Digital akan memiliki layanan digital tercanggih & terintegrasi di Tanah Air melalui integrasi dengan fintech lainnya, seperti e-money, virtual credit card, dan channeling melalui Peer-to-Peer Lending Platforms.

Saat ini, MNC Bank tengah menunggu izin digital onboarding aplikasi Motion disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading