Yes! Bulan Depan, Nasabah Jiwasraya Punya Polis IFG Life

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 May 2021 19:13
Puluhan nasabah Jiwasraya yang tergabung dalam Forum Korban Jiwasraya melakukan aksi damai di Kantor Pusat Jiwasraya, Jakarta, Jumat, 11/9. Aksi tersebut dilakukan karena tidak adanya kejelasan mengenai pencairan dana bagi para nasabah korban Jiwasraya Saving Planyang sudah lewat jatuh tempo selama 2 tahun. Sebelumnya, Jiwasraya mengklaim membayarkan tunggakan kepada sebagian nasabah senilai Rp470 miliar pada akhir Maret lalu. Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan pembayaran utang klaim diberikan kepada 15 ribu nasabah pemegang polis tradisional. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim Percepatan Restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyebutkan pengalihan polis nasabah ke IFG Life akan mulai dilakukan pada Juni mendatang.

Setelah direstrukturisasi dan setelah ada izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk produk dari IFG Life yang persis sama dengan produk restrukturisasi, maka setelah itu pelayanan polis dipindah ke IFG Life. Nasabah yang telah bersedia direstrukturisasi ini akan mendapatkan pengalihan polis ke IFG Life.

IFG Life adalah anak usaha yang baru didirikan oleh PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia atau Holding BUMN Indonesia Financial Group (IFG).


Direktur Teknis Jiwasraya Angger P. Yuwono mengatakan polis baru yang didapat nasabah ini merupakan produk baru yang ditawarkan oleh IFG Life. Produk baru ini disebutkan akan mirip dengan produk restrukturisasi yang ditawarkan Jiwasraya. Nasabah nantinya bukan menerima polis baru, melainkan meneruskan polis Jiwasraya yang sudah direstrukturisasi.

"IFG mengajukan produk yang sama persis dengan restrukturisasinya Jiwasraya, saat ini ada belasan produk yang akan mirroring dengan Jiwasraya," kata Angger di Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Dia menyebutkan saat ini IFG Life dengan dalam proses pengajuan izin belasan produk baru ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal senada juga disampaikan oleh Corporate Secretary IFG Oktarina Dwidya Sistha yang mengatakan produk asuransi yang sudah dimiliki oleh perusahaan adalah asuransi untuk nasabah individu dan korporasi berbasis proteksi.

"IFG Life telah memiliki produk asuransi dan telah menerbitkan polis. Saat ini beberapa produk telah diajukan untuk mendapatkan persetujuan dari regulator. Produk Asuransi Individu dan Korporasi berbasis proteksi," kata Oktarina kepada CNBC Indonesia, Rabu (18/5/2021).

Berdasarkan laman resmi perusahaan, produk yang sudah mulai ditawarkan adalah produk asuransi jiwa yang diberi nama IFG Proteksi Kematian.

Angger menjelaskan, untuk polis-polis yang direstrukturisasi ini mengharuskan dilakukannya penyesuaian besaran tingkat bunga alias diturunkan dari besaran bunga sebelumnya (haircut), berdasarkan jenis nasabah.

Untuk nasabah korporasi dengan pesertanya adalah karyawan, untuk karyawan aktif mendapatkan haircut 5%, sedangkan untuk nasabah pensiunan tidak dikenakan haircut. Juga dikenakan haircut dengan besaran yang sama.

Sedangkan untuk nasabah bancassurance mendapatkan haircut hingga 40% sebab besaran bunga yang dijanjikan kepada nasabah ini sangat tinggi bahkan sampai dengan 16,47% gross.

"Jaminan suku bunga jangka panjang sekarang hanya JIBOR tahunan pada tanggal evaluasi jadi akan naik turun. Bukan jangka panjang tapi tahunan," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading