Tuntas! Indosat Jual 4.247 Menara ke Digital Colony

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
17 May 2021 11:35
Indosat

Jakarta, CNBC Indonesia - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPLSB) emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) menyetujui rencana transaksi penjualan sebanyak 4.247 menara telekomunikasi kepaa PT EPID Menara Asset Co senilai US$ 750 juta atau Rp 10,28 triliun berdasarkan kurs transaksi jual beli yang disepakati.

Rapat tersebut diselenggarakan pada Selasa (11/5/2021) bertempat di Gedung Indosat Ooredoo, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

"Agenda RUPSLB adalah persetujuan penjualan menara Perseroan yang merupakan transaksi material sesuai dengan keterbukaan informasi kepada OJK No. 077/AT0- ATA/LGL/21 tanggal 17 Februari 2021," ungkap manajemen Indosat, dalam pengumumannya, dikutip Senin (17/5/2021).


Transaksi penjualan menara itu sebelumnya telah mendapat nilai wajar dari kantor jasa penilai publik. EPID Menara Asset Co, pembeli menara dari Indosat, merupakan anak perusahaan dari Edge Point Singapura di Indonesia yang dimiliki sepenuhnya oleh Digital Colony yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat.

Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Ruky, Safrudin dan Rekan (RSR) menyebut transaksi ini dalam nilai yang wajar dengan membandingkan harga rencana transaksi dengan total nilai pasar aset.

"Maka Rencana Transaksi adalah wajar karena Harga Rencana Transaksi berada dalam kisaran kewajaran batas atas dan batas bawah dari Total Nilai Pasar sebesar 7,5 persen sesuai POJK 35 Pasal 48," ungkap pengumuman laporan pendapat kewajaran yang disampaikan Ruky, Safrudin dan Rekan di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, dikutip Rabu (5/5/2021).

Selain itu, mengacu kepada pasal 8 di Draft SPA, terdapat kompensasi yang harus dibayarkan oleh perseroan atas tower selama survival period yaitu selama 6 bulan setelah tanggal penutupan, nilai kompensasinya berdasarkan perhitungan internal mencapai Rp 150 miliar.

Rencananya, setelah penjualan ini ditandatangani, Indosat akan menyewa kembali sebanyak 4.085 menara yang telah dilego tersebut kepada PT Epid Menara AssetCo.

Sedangkan, EPID Menara Asset Co juga akan menyewa 680 lahan milik Indosat. Penyewaan dilakukan karena menara itu terletak di atas lahan Indosat.

Dalam paparan publik tahunan, manajemen Indosat Ooredoo sebelumnya menyampaikan, dana hasil penjualan menara ini akan dipakai untuk pendanaan kembali (refinance) struktur permodalan perseroan dengan cara yang lebih efisien. Selanjutnya, menyediakan tambahan dana untuk rencana investasi dan mengurangi biaya operasional menara.

"Kami terus berkordinasi dengan pemegang saham untuk memastikan bahwa dana yang diperoleh dari transaksi ini dapat digunakan untuk terus mendukung momentum pertumbuhan perusahaan," kata manajemen ISAT.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading