Erick Puji Pertamina Punya Bisnis Kapal: Bukan Kaleng-kaleng!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
05 May 2021 14:30
Menteri BUMN Erick Thohir resmikan subholding shipping pertamina, PT Pertamina International Shipping. (CNBC Indonesia/Anisatul Umah) Foto: Menteri BUMN Erick Thohir resmikan subholding shipping pertamina, PT Pertamina International Shipping. (CNBC Indonesia/Anisatul Umah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan restrukturisasi bisnis yang dilakukan PT Pertamina (Persero) di Pertamina Internasional Shipping (PIS) menjadi integrated Logistic and Marine Solution Company merupakan langkah positif untuk mendukung pengembangan integrasi logistik kelautan di Indonesia.

Dia mengatakan Indonesia merupakan negara besar dan kaya, namun sangat tertinggal dalam bidang logistik. Padahal logistik sangat diperlukan untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Untuk itu dia mengapresiasi transformasi bisnis dalam rangka restrukturisasi bisnis yang dilakukan oleh Pertamina. Bahkan hal ini menjadikan Pertamina sebagai perusahaan terdepan dalam melakukan transformasi bisnis yang saat ini tengah dorongan transformasi yang dilakukan kementerian.


"Jadi saya terima kasih Pertamina dengan strateginya sekarang saya bisa melihat secara nyata langkah, posisi, strategi dan siap bersaingnya itu real. Jadi bukan kaleng-kaleng," kata Erick dalam peresmian Integrated Marine Logistic Co., nama baru subholding PIS, di Patra Jasa, Rabu (5/5/2021).

Tak hanya Pertamina, kata Erick, langkah transformasi yang sama juga harus dicontoh oleh perusahaan BUMN lainnya seperti PT PLN (Persero) dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Erick menegaskan pencapaian tersebut jangan membuat Pertamina berpuas diri karena persaingan masih terus terjadi di tengah Covid-19 yang masih terjadi saat ini.

"Saya berharap tahun ini konsolidasi yang ada di integrasi logistik kelautan bisa terjadi dan bisa moving forward melihat bersaingan yang masih terbuka dan bagaimana Himbara [Himpunan bank-bank Milik Negara], telko [telekomunikasi] kita bisa bersaing di market yang menjadi challenge ke depan," tandasnya.

Sebelumnya pada 15 April lalu, Erick juga baru saja meresmikan Kapal Very Large Crude Carrier (VLCC) Pertamina Pride milik Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Sub Holding Pertamina. Peresmian itu dilakukan setelah kapal berlayar sejak 9 Februari 2021 dari JMU Ariake Shipyard, Jepang, hingga bersandar di Teluk Semangka Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading