Erick Sebut Anak Usaha Pertamina IPO Tahun Ini, Minat Beli?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
05 May 2021 14:24
Perempuan dalam Kepemimpinan: Meraih Keunggulan Kompetitif dan Memicu Perubahan/ Youtube : Kementerian BUMN Foto: Perempuan dalam Kepemimpinan: Meraih Keunggulan Kompetitif dan Memicu Perubahan/ Youtube : Kementerian BUMN

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan logistik kelautan, PT Pertamina International Shipping (PIS) berencana melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada tahun ini. Rencana aksi korporasi ini sejalan dengan selesainya perusahaan melakukan konsolidasi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan perusahaan ini merupakan perusahaan logistik kelautan dengan model bisnis yang berkelanjutan, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. PIS tak hanya memiliki kapal, namun juga pelabuhan dan juga fasilitas penyimpanan guna memperkuat rantai pasokan energi nasional.

"Untuk go public-nya tentu kita melihat daripada banyaknya corporate action yang akan terjadi di-action, ini kan ada banyak ada swasta, BUMN tentu window-nya pada saat yang tepat, tapi Insya Allah tahun ini. Karena proses rencana go public tentu kita harus sosialisasi daripada pihak-pihak terkait," kata Erick dalam peresmian Integrated Marine Logistic Co., Rabu (5/5/2021).


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN, Pahala Nugraha Mansury, mengatakan dengan kondisi saat ini, PIS akan memiliki valuasi yang lebih tinggi dibandingkan industri sejenis.

Bila price earning ratio (PER) industri adalah 6x-7x, maka PIS disebut memiliki PER 9x-10x. Ini karena PIS memiliki nilai aset yang lebih besar.

Namun demikian, untuk mencapai valuasi yang besar, kata Pahala, PIS harus berupaya meningkatkan aset dan menyehatkan arus kas perusahaan. Selain itu juga harus melakukan ekspansi hingga ke regional untuk meningkatkan permintaan dari pasar.

"Tapi Pertamina jangan jadi jago kandang, yang kita miliki ini transportasi internasional karena juga ada importasi dan eksportasi. Kita berharap bisa jadi pemain regional dalam waktu yang singkat," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading