Begelimang Harta, Ini 8 Perceraian Heboh Crazy Rich

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
05 May 2021 06:41
Bill Gates. (AP/Elaine Thompson) Foto: Bill Gates. (AP/Elaine Thompson)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar mengejutkan datang dari pasangan crazy rich William Henry "Bill" Gates III dan Melinda Ann French, kemudian bernama Melinda French Gates kemarin, Selasa (4/5/2021). Setelah selama 27 tahun menikah, pasangan ini memutuskan memutuskan untuk mengakhiri rumah tangga mereka.

Berita perceraian ini datang melalui akun Twitter resmi milik Bill Gates. Cuitan tersebut berbunyi "Setelah melalui banyak pemikiran dan usaha dalam hubungan, kami membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan."


Kabar perceraian ini menghebohkan dunia karena seperti diketahui pasangan ini merupakan sosok inspiratif dan berpengaruh, mereka berdua juga menjalankan salah satu yayasan amal swasta terbesar yang berfokus pada kesehatan masyarakat.

Yayasan yang mereka kelola ini telah menghabiskan dana US$ 50 miliar atau setara Rp 725 triliun (kurs rata-rata 14.500) selama dua dasawarsa terakhir.

Perpisahan keduanya juga digadang-gadang menjadi perceraian termahal di abad ke 21. Menurut Forbes, Bill Gates adalah orang terkaya ke-4 dunia dan memiliki aset sebesar US$130 miliar (Rp 1.885 triliun).

Tak hanya itu, perceraian Bill-Melinda juga merupakan kasus perceraian terbesar kedua di kalangan orang terkaya dunia. Sebelumnya perpisahan Jeff Bezos dan MacKenzie Scott sempat membuat heboh pada 2019.

1. Jeff Bezos dan MacKenzie Scott, 2019 - US$35 miliar (Rp 507,5 triliun).
Kasus mega perceraian terbaru dan pembagian harta paling besar sepanjang sejarah adalah antara Jeff Bezos dan MacKenzie Scott. Pasangan ini pertama kali bertemu ketika mereka sama-sama masih bekerja pada salah satu hedge fund D.E. Shaw di New York. Mackenzie kemudian ikut pindah ke Seattle membantu Jeff mendirikan Amazon.

Pasangan ini memutuskan berpisah pada April 2019, jumlah harta yang harus dibayarkan Jeff pada saat perceraian diperkirakan mencapai US$ 35 miliar dalam bentuk 4% saham di Amazon. Dengan kapitalisasi pasar yang terus meningkat, harta MacKenzie juga ikut meningkat apabila dia mempertahankan kepemilikan sahamnya di Amazon.

Perceraian ini juga menjadikan MacKenzie menjadi wanita terkaya nomor 3 di dunia dan filantropis terkemuka. Hingga Desember lalu Mackenzie mengatakan bahwa ia sudah mendonasikan US$ 4,1 miliar (Rp 59,45 triliun) kepada bank makanan dan dana bantuan darurat di tengah pandemi COVID-19.

2. Alec Wildenstein and Jocelyn Wildenstein, 1999 - US$ 3,8 miliar (Rp 55,1 triliun)
Perceraian antara pebisnis keturunan Prancis-Amerika yang juga merupakan art dealer dengan istri yang dinikahinya selama 21 tahun dikabarkan memakan dana hingga US$ 3,8 miliar. Pembagian harta ini terbagi menjadi 2 tahap, pertama pembayaran satu kali sebesar US$ 2,5 miliar dan tambahan yang tertera pada kontrak bahwa Jocelyn akan menerima bayaran US$ 100 juta per tahun selama 13 tahun.

3. Rupert Murdoch and Anna Maria Torv, 1999 - US$ 1,7 miliar (Rp 24,65 triliun)

Perceraian antara pengusaha media raksasa dunia Rupert Murdoch dengan sang istri jurnalis dan novelis asal Skotlandia ini termasuk salah satu perceraian 'paling direncanakan'. Setelah menikah selama 31 tahun, mereka memutuskan untuk berpisah setelah Murdoch mengumumkan untuk pensiun dari dunia media pada tahun 1998, setahun kemudian pasangan ini mencapai kesepakatan untuk bercerai.

Detail dari perceraian ini masih belum jelas hingga saat ini, namun dikabarkan Anna Maria mendapatkan harta senilai US$ 1,7 miliar. Hal yang membuat perceraian ini menarik dan mencurigakan adalah Murdoch memutuskan untuk kembali menikah setelah 17 hari perceraian dan tidak berselang lama Anna juga menikah kembali 6 bulan setelah perceraian.

4. Bill and Sue Gross, 2016 - US$ 1,3 miliar (Rp 18,85 triliun)
Perceraian antara investor yang juga manajer kekayaan asal Amerika Bill Gross dengan mantan istrinya dikabarkan memakan biaya hingga US$ 1,3 miliar. Ribut-ribut perceraian juga diikuti dengan saling tuduh antara satu sama lain di pengadilan.

Sue menggugat cerai Bill tahun 2016 lalu, dalam pembagian harta kekayaan Sue juga memperoleh "Le Repos" lukisan Picasso yang diperebutkan yang akhirnya dijual seharga US$ 35 juta (Rp 507,5 miliar). Setelah perceraian ini selesai Bill keluar dari The Forbes 400 pada 2018 setelah selama 14 tahun berturut-turut masuk dalam daftar tersebut.

Dari Harold Hamm Hingga Patricia Disney
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading