Analisis

Jelang Ramadan, 8 Saham Emiten Konsumer Ini kok Nyungsep?

Market - Aldo Fernando, CNBC Indonesia
09 April 2021 08:54
Pengunjung memilih barang yang didiskon mulai dari 20-70% di Department Store Debenhams di Kawasan Senayan City, Jakarta, Jumat (29/12/2017). Berkembangnya teknologi membuat daya beli masyarakat menurun, sehingga menjadi salah satu penyebab tutupnya Debenhams di Indonesia akhir tahun ini.

Memang, pada tahun lalu daya beli masyarakat saat Ramadan tidak seperti biasanya, berkat adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal 2020.

Melemahnya daya beli masyarakat saat bulan puasa tahun lalu tercemin dari inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada periode Mei 2020, yang tercatat sebesar 0,07% secara bulanan (month-to-month/mtm). Angka ini menurun dari sebesar 0,08% (mtm) pada April 2020.

Bank Indonesia (BI) mencatat, Inflasi Mei tahun lalu tercatat lebih rendah dibandingkan dengan pola inflasi pada periode ramadan dan idulfitri, yang dalam lima tahun terakhir rata-rata tercatat 0,69% (mtm).


Tetapi, dengan sejumlah upaya oleh pemerintah untuk menangani pagebluk virus Corona, mulai dari gelontoran stimulus sampai upaya percepatan vaksinasi masyarakat, diharapkan bisa memulihkan kembali daya beli masyarakat pada tahun ini. Kendati, permintaan masyarakat tampaknya masih melambat alias belum bisa kembali ke level pra-pandemi.

Berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2021, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terindikasi membaik. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 sebesar 85,8, sedikit meningkat dari 84,9 pada Januari 2021. Memang, apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, IKK Februari tahun ini masih rendah, yakni 126,8.

Sementara, optimisme konsumen terhadap perkiraan ekonomi 6 bulan ke depan terpantau relatif stabil dari bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Februari sebesar 106,5, yang relatif stabil ketimbang IEK Januari 2021 sebesar 106,7.

Menurut BI, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan 6 bulan ke depan pada Februari 2021 terpantau menguat, kendati ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja tidak sekuat bulan sebelumnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading