Trio Macan! ANTM-TINS-INCO Mampu Selamatkan IHSG dari Koreksi

Market - Putra, CNBC Indonesia
26 March 2021 13:55
Tambang emas bawah tanah Pongkor, Jawa Barat, milik Antam (Doc.Antam)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sempat dibuka galau pada perdagangan pagi ini dan anjlok ke zona merah, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sukses melaju kencang hingga penutupan perdagangan Jumat siang (26/3/21). IHSG sukses melesat 0,82% ke level 6.173,21.

Nilai transaksi hari ini sebesar sebesar Rp 6,1 triliun dan terpantau investor asing menjual bersih Rp 47 miliar di pasar reguler. Sebanyak 309 saham melesat, 145 terkoreksi, sisanya 151 stagnan.

IHSG sukses bangkit setelah terkoreksi parah sejak awal pekan selama 4 hari beruntun sebesar 3,68%. Usut punya usut, ternyata saham-saham MIND ID di sektor tambang nikel yang berhasil mengerek IHSG pada perdagangan hari ini.


Data perdagangan mencatat PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menjadi penggerak utama kedua dari IHSG setelah melesat 10,55% dan menarik IHSG hingga 4,86 indeks poin.

Bahkan saham ANTM berhasil menjadi saham yang paling aktif ditransaksikan pada siang hari ini dengan total nilai transaksi mencapai Rp 1 triliun yang artinya 17% transaksi di bursa hari ini terjadi di saham ANTM.

Angka ini bahkan jauh melebihi transaksi saham di posisi kedua yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang hanya ditransaksikan Rp 500 miliar.

Kenaikan saham-saham nikel terjadi setelah Kementerian BUMN akan segera mengumumkan pendirian Indonesia Battery Holding (IBH) yang bernama lengkap Indonesia Battery Corporation (IBC) yang dibentuk untuk mengelola industri baterai terintegrasi dari hulu sampai ke hilir di Tanah Air.

Dalam undangan yang didapat media nasional termasuk CNBC Indonesia, kementerian yang dipimpin Erick Thohir ini akan menggelar konferensi pers Pendirian Indonesia Battery Corporation (IBC) pada Jumat (26/3/2021) pukul 15.30 sore nanti.

Narasumber yang hadir di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN (Pahala Mansury dan Kartiko Wirjoatmodjo), Dirut IBC, dan lainnya.

"Kementerian BUMN bersama MIND ID, PT Pertamina, PT PLN, dan PT AntamTbk (ANTM) akan menggelar acara Konferensi Pers Pendirian Indonesia Battery Corporation secara virtual. Berkaitan dengan hal tersebut, kami mengundang Rekan-Rekan Media untuk menghadiri Konferensi Pers virtual yang akan diadakan pada Jum'at, 26 Maret 2021, pukul 15.30 WIB s/d selesai," tulis undangan tersebut.

Berikut kinerja saham nikel pada perdagangan hari ini, sesi I, Jumat (26/3).

Tercatat trio anak usaha MIND ID menjadi pemimpin kenaikan saham-saham nikel pada perdagangan hari ini.

Apresiasi paling kencang dipimpin oleh saham ANTM yang melesat double digit di angka 10,55% ke level Rp 2.410/unit. Tak hanya melesat kencang ANTM juga menjadi saham yang diborong asing dengan pembelian Rp 23 miliar pada tengah hari ini.

Posisi kedua apresiasi diisi oleh PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang pada perdagangan siang ini menjadi saham yang paling banyak diborong asing di bursa dengan beli bersih sebesar Rp 40 miliar. Aksi borong asing ini menyebabkan saham INCO melesat 6,19% ke level Rp 4.630/unit.

Di posisi ketiga muncul nama PT Timah Tbk (TINS) yang juga ikut terapresiasi 4,52% ke level Rp 1.735/unit.

Selanjutnya saham-saham nikel lain juga terpantau ikut terapresiasi dimana PT Central Omega Resources Tbk (DKFT) naik 3,7%, PT Latinusa Tbk (NIKL) terbang 2,56%, dan PT Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE) loncat 1,67%.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/trp)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading