Cek! Biar Ngerti, Ini 10 Parameter Pemilihan Baterai Listrik

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
26 March 2021 12:40
Ilustrasi baterai pada mobil listrik yang dikemas dalam komponen yang aman. electrec.co

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia memasuki era baru industri baterai listrik. Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengumumkan pembentuk Indonesia Battery Corporation (IBC), induk usaha yang dibentuk untuk mengelola industri baterai terintegrasi dari hulu sampai ke hilir di Tanah Air.

Apakah Indonesia terlambat? Pasalnya sudah 200 tahun terakhir sudah terjadi perkembangan signifikan baik dari segi riset pengembangan hingga penggunaan baterai untuk keperluan sehari-hari.

Pemilihan baterai yang tepat tentu menjadi keputusan yang harus diperhatikan dengan teliti dan didasari oleh anslisis yang dalam dan menyuluruh.


Pemilihan bateri tentu saja dipengaruhi oleh berbagai batasan, dari harga material hingga keamanan rantai pasokan.

Berikut ini 10 parameter utama yang perlu diperhatikan dalam pemilihan baterai:

1. Spesific Energy
Spesific energy adalah total muatan energi yang dapat disimpan di dalam baterai. Semakin banyak energi yang mampu disimpan, tentu saja semakin lama pula baterai tersebut mampu bertahan.

2. Spesific Power
Spesifik power adalah jumlah arus yang bisa dihasilkan oleh baterai, jika baterai tidak memiliki specific power yang tinggi, maka tidak bisa digunakan untuk aktivitas kerja beras yang menguras banyak daya.

3. Harga yang terjangkau
Harga tentu saja menjadi parameter utama, jika harga tidak sesuai sebagus apapun kemampuan baterai, tentu akan sangat sulit untuk dipasarkan. Karena konsumen akan mencari alternative lain yang lebih mura. Untuk kasus mobil listrik, jika harga baterai belum mencapai nilai ekonomi, pabrikan dan konsumen pasti enggak untuk pindah dari kendaraan berbahan bakar fosil.

4. Umur Baterai
Komposis kimia pada baterai tentu saja tidak sempurna. Baterai sama dengan perangkat elektronik lainnya, tidak bisa bertahan selamanya. Terdapat jumlah maksimum siklus pengisian ulang daya pada baterai, yang mana jika angkanya kecil tentu penggunaan baterai pun akan sangat terbatas dan akan kalah di pasar dengan baterai yang memiliki umur lebih panjang.

5. Keamanan
Ini merupakan factor utama yang paling penting dan tidak bisa dikompromi. Tentu tingkat keamanan setiap baterai berbeda-beda, akan tetapi baterai yang digunakan oleh konsumen umum atau pada untuk industri dan pemerintahan harus melalui batas keaman tertentu agar dapat digunakan. Tidak ada yang ingin terjadi kecelakaan akibat penggunaan baterai yang tidak aman.

Ini Parameter Selanjutnya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading