Harga Nikel Dunia Berada di Level Terendah Selama 2021

Market - Ferry Sandria, CNBC Indonesia
05 March 2021 10:30
Trucks load raw nickel near Sorowako, Indonesia's Sulawesi island, January 8, 2014. REUTERS/Yusuf Ahmad

Jakarta, CNCB Indonesia - Harga nikel pada perdagangan hari kamis lalu kembali mengalami pelemahan. Setelah turun 4,13% pada hari sebelumnya, harga nikel kontrak tiga bulan di London Metal Exchange (LME) terjun bebas ke angka US$ 16.191/ton dari perdagangan hari rabu sebesar US$ 17.864/ton.

Penurunan sebesar 9,3% ini juga terjadi pada nikel pembelian langsung yang turun menjadi US$ 16.144/ton dari harga sebelumnya US$ 17.802/ton.

Pada awal tahun lalu harga nikel sempat turun tajam, merosot hingga US$ 11.142/ton pada perdangan bulan Maret. Akan tetapi memasuki bulan April harga nikel perlahan naik terus hingga mencapai harga tertinggi dalam lima tahun terakhir pada perdagangan tanggal 22 Februari lalu di angka US$ 19.722/ton.


Harga perdagangan nikel di bursa LME hari kamis kemarin merupakan harga terendah pada tahun 2021.

Harga NickelFoto: Ferry Sandria/CNBC Indonesia
Harga Nickel

Data Harga NIkel Kontrak 3 Bulan Sepanjang Tahun 2021 (sumber: LME)


Penurunan harga nikel pada penutupan bursa perdagangan kemarin di London Metal Exchange juga ikuti oleh harga nikel di bursa Shanghai (SNIcv1) yang ikut turun 9%.

DIkutip dari Reuters, penurunahan harga nikel ini terjadi karena Tsingshan Holding Group, perusahaan raksasa nikel dan stainless steel asak China memutuskan untuk memproduksi nikel matte dalam kuantitas besar di Indonesia untuk menurunkan kekhawatiran investor terhadap suplai nikel untuk keperluan baterai dan menekan harga nikel di pasaran.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading