Platinum Lebih Cuan, Langka & Murah Ketimbang Emas, Mau?

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
23 February 2021 18:30
The diamond and platinum bandeau tiara worn by Meghan, Duchess of Sussex, and lent to her by Britain's Queen Elizabeth is seen ahead of the exhibition A Royal Wedding, at Windsor Castle, in Windsor, Britain, October 25, 2018. REUTERS/Peter Nicholls Foto: Berlian dan platinum bandeau tiara dikenakan oleh Meghan, Duchess of Sussex, dan dipinjamkan kepadanya oleh Ratu Elizabeth Inggris terlihat menjelang pameran A Royal Wedding, di Windsor Castle, di Windsor, Inggris, 25 Oktober 2018. REUTERS / Peter Nicholls

Berbeda dengan emas yang lebih banyak digunakan sebagai aset investasi dan perhiasan, lebih dari 60% produksinya digunakan untuk keperluan industri. Sementara platinum untuk perhiasan sebanyak 35%, dan 4% sebagai investasi.

Berdasarkan data dari Singapore Bullion Market Association (SMBA) sebanyak 40% dari total produksi "emas putih" digunakan industri otomotif, sementara 21% digunakan berbagai industri.


xauFoto: Permintaan Platinum
Sumber: SMBA

Melihat sebagian besar platinum digunakan untuk industri, khususnya industri otomotif, maka permintaannya di tahun ini diperkirakan akan meningkat tajam, Sebab, perekonomian global diperkirakan akan pulih di tahun ini.

"Investor mulai menyadari ada potensi kenaikan harga platinum, sehingga 'emas putih' ini mulai menyusul harga emas," kata Georgette Boele, analis ABM Amro, sebagaimana dilansir Reuters.

Pada industri otomotif, platinum digunakan sebagai converter katalitik untuk membatasi gas emisi buang. Dengan kampanye energi ramah lingkungan (clean energy) dan dekarboniasi yang kini dilakukan di negara-negara besar, maka ke depannya permintaan platinum di industri otomotif tentunya akan semakin meningkat.

Hal tersebut membuat harga platinum melesat lebih dari 18% dan mencapai level tertinggi dalam lebih 6 tahun terakhir.

Selain pulihnya perekonomian global dan kampanye clean energy, kemenangan Joseph 'Joe' Biden dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) yang mendukung clean energy juga menjadi momentum penguatan platinum.

Biden diperkirakan akan merubah perekonomian AS yang tergantung dari bahan bakar fosil menjadi energi terbarukan. Sektor otomotif juga diperkirakan akan berubah, sehingga permintaan platinum ke depannya berpotensi meningkat.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading