Platinum Lebih Cuan, Langka & Murah Ketimbang Emas, Mau?

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
23 February 2021 18:30
Petugas menunjukkan emas batangan di sebuah gerai emas di Pegadaian, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Platinum salah satu logam mulia yang ada di bumi ini menunjukkan kinerja impresif sepanjang tahun ini saat harga emas melempem. Nah, yang menarik, platimum merupakan logam mulia yang lebih langka ketimbang emas, tetapi harganya saat ini jauh lebih murah.

Melansir data Refinitiv, pada pukul 14:26 WIB platinum diperdagangkan di kisaran US$ 1.263,9/ons, turun 0,76% dibandingkan harga penutupan awal pekan kemarin. Namun, sepanjang tahun ini platinum sudah menguat 18,57%.

Sementara emas, sepanjang tahun ini justru melemah 4,6% dan saat ini diperdagangkan di kisaran US$ 1.809,3/troy ons.


Artinya harga emas lebih mahal lebih 40% ketimbang harga platinum, padahal platinum lebih langka ketimbang emas.

Lebih dari satu dekade lalu harga platinum sebenarnya jauh lebih mahal ketimbang harga emas. Rekor termahal harga platinum berada di level US$ 2.290/ons, pada 4 Maret 2008, sementara pada saat itu emas berada di level US$ 987,4/troy ons, jauh lebih murah.

Harga emas baru mulai konsisten di atas harga platinum sejak Februari 2015.

Melansir Forbes, platinum merupakan logam mulia yang 30 kali lebih langka ketimbang emas, dan hasil tambang per tahunnya juga sekitar 15 hingga 20 kali lebih sedikit ketimbang emas.

Menurut International Energy Agency (EIA) Afrika Selatan merupakan produsen terbesar platinum atau yang dikenal dengan "emas putih" terbesar di dunia, berkontribusi sekitar 72% dari seluruh supply global. Kemudian di tempat kedua ada Rusia yang memproduksi sekitar 12% dari total supply.

Melihat kelangkaan tersebut, Forbes yang mengutip data dari Bloomberg, menulis jika harga platinum biasanya akan lebih mahal 1,25 kali dari harga emas. Tetapi kenyataannya, saat ini harga platinum malah jauh lebih murah.

Sehingga, investasi di "emas putih" tentunya terlihat menarik, apalagi melihat di tahun ini harganya mulai melesat saat emas menurun. Tidak menutup kemungkinan harga platinum kembali ke fitrahnya, lebih mahal ketimbang harga emas.

HALAMAN SELANJUTNYA >>> Permintaan Diramal Meningkat Tajam, Masa Depan Platinum Cerah

Permintaan Diramal Meningkat Tajam, Masa Depan Platinum Cerah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading